Salin Artikel

Ditolak Sana-sini, 135 Warga Rohingya Akhirnya Diungsikan ke Aceh Besar

Para pengungsi dipindahkan menggunakan truk Satpol PP Provinsi Aceh.

“Mereka ditempatkan di sana sementara, hanya seminggu. Setelah itu akan dicari solusi oleh pihak terkait untuk dipindahkan kembali,” kata Kabid Trantibum Satpol PP Aceh Azmanto saat dikonfirmasi wartawan di lokasi, Senin.

Pantauan Kompas.com, 135 pengungsi Rohingya diangkut dengan menggunakan tiga truk Satpol PP dan mendapat pengawalan polisi.

Tampak juga relawan Radio Antar Penduduk Indonesia (RAPI) sejak Minggu malam mencoba menjaga para pengungsi.

"Kami menjaga mereka agar tidak ada melarikan diri. Kemudian sudah tengah malam, anak-anak pengungsi pada nangis kelaparan. Setelah kami galang sumbangan, kemudian kami berikan mereka minuman dan makananan semampu kami,” kata Arief Munandar, relawan Rapi Banda Aceh.

"Kami menjaga pengungsi Rohingya ini sebagai inisiatif, tidak ada yang bayar karena dari semalam kami lihat tidak ada pihak dari pemerintah, UNHCR, maupun IOM yang turun ke lokasi untuk penanganan pengungsi ini. Harapan kami, pemerintah dan pihak terkait segera mencari solusi untuk penanganannya,” ujarnya.

Seperti diberitakan, truk pengangkut 135 warga Rohingya menuju Kamp Pramuka di Saree, Aceh Besar, Aceh, putar balik menuju kantor Gubernur Aceh di Banda Aceh, usai diadang sejumlah warga, Senin dini hari.

Sebelumnya, 135 warga Rohingya itu berlabuh di Pantai Dusun Blang Ulam, Gampong Lamreh, Kecamatan Mesjid Raya, Aceh Besar, Minggu (10/12/2023), menggunakan kapal kayu.

Mendapat penolakan dari warga sekitar, seratusan pengungsi itu kemudian diantar menuju kantor Imigrasi Aceh.

Namun, karena kantor Imigrasi sedang direnovasi, para pengungsi dibawa ke kantor Gubernur Aceh. Dari sana mereka diangkut menuju kamp Pramuka.

Di tengah perjalanan, truk diadang warga dan akhirnya putar balik.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/11/171037478/ditolak-sana-sini-135-warga-rohingya-akhirnya-diungsikan-ke-aceh-besar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke