Salin Artikel

Truk Pasir Hanyut Terbawa Arus Sungai di Banjarnegara, Sopir Hilang

BANJARNEGARA, KOMPAS.com - Satu unit truk beserta sopirnya hanyut terbawa arus Sungai Pekacangan, Desa Lemahjaya, Kecamatan Wanadadi, Kabupaten Banjarnegara, Jawa Tengah, Jumat (8/12/2023) sore.

Hingga Sabtu (9/12/2023) pagi, sopir atas nama Purlali (53), warga Desa Situwangi, Kecamatan Rakit, Banjarnegara, belum ditemukan.

Kabid Kedaruratan dan Logistik Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Banjarnegara, Andri Sulistyo mengatakan, peristiwa itu bermula saat korban akan mengangkut pasir. Namun tiba-tiba debit air sungai meningkat.

"Melihat air sungai mulai deras dan meluap, korban berusaha untuk naik (ke daratan), namun kendaraannya mogok di tanjakan," kata Andri saat dihubungi, Sabtu.

Korban sempat turun dan naik kembali ke atas truk untuk menyalakan mesin, namun gagal.

Setelah gagal menyalakan mesin, korban sempat turun kembali. Korban akhirnya memilih bertahan di kabin truk karena tak bisa berenang.

Pada saat bersamaan, beberapa orang yang ada di lokasi kejadian berusaha menolong korban dengan menggunakan tali.

"Dengan menggunakan tali, korban disuruh lompat dari truk, akan dipegangi saksi. Namun korban tidak mau dan bertahan di atas truk karena tidak bisa berenang," ujar Andri.

Tak lama kemudian, debit air semakin deras dan menghantam truk. Truk terguling tiga kali hingga akhirnya hilang terbawa arus sungai.

"Pagi ini kami bersama tim gabungan melakukan operasi pencarian," kata Andri.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/09/120424378/truk-pasir-hanyut-terbawa-arus-sungai-di-banjarnegara-sopir-hilang

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke