Salin Artikel

Gunung Merapi Keluarkan Awan Panas Guguran, Tiga Desa di Boyolali Dilanda Hujan Abu

Hujan abu terjadi setelah awan panas guguran Gunung Merapi tanggal 8 Desember 2023 pukul 14.46 WIB.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Boyolali Suratno mengatakan, wilayah yang terdampak hujan abu itu antara lain Desa Tlogolele, Desa Klakah, dan Desa Jrakah.

"Bahwa turunnya hujan abu tidak ke semua wilayah. Ada di Dukuh Bakalan Desa Klakah, kemudian ada Dukuh Stabelan Desa Tlogolel, dan Desa Jrakah," kata Suratno dihubungi Kompas.com, Jumat.

Karena hujan abu bersamaan turunnya hujan air membuat material Gunung Merapi tidak sampai merusak tanaman warga.

"Sehingga masyarakat tertolong artinya dari dampak hujan abu ini tidak kemudian merusak tanaman hasil tani masyarakat karena langsung diguyur hujan air," kata dia.

Pihaknya meminta masyarakat di KRB 3 Gunung Merapi selalu siaga dan waspada terhadap status gunung yang berbatasan antara Jateng dan DIY tersebut.

Suratno mengatakan berdasarkan informasi di lapangan hujan abu material Gunung Merapi yang melanda beberapa wilayah KRB 3 tersebut cukup pekat karena arah angin ke utara.

Tetapi karena bersamaan dengan turunnya hujan air abu vulkanik material Gunung Merapi tidak sampai merusak tanaman masyarakat di sana.

"Karena kemudian langsung dibarengi turun hujan kepekatannya manjadi hilang," terang Suratno.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/08/180140378/gunung-merapi-keluarkan-awan-panas-guguran-tiga-desa-di-boyolali-dilanda

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke