Salin Artikel

Kapal Ikan Terbakar di Pelabuhan Cilacap, ABK Lompat ke Laut untuk Selamatkan Diri

CILACAP, KOMPAS.com - Kapal ikan Berkah Illahi 3 terbakar saat sedang sandar di Pelabuhan Perikanan Samudra Cilacap, Jawa Tengah, Kamis (7/12/2023).

Kebakaran itu diduga dipicu dari kompor gas yang sedang digunakan untuk memasak oleh anak buah kapal (ABK).

Kepala Damkar Cilacap Supriyadi menjelaskan, peristiwa itu bermula saat salah satu ABK sedang memasak di dalam kapal dengan ukuran 6 GT ini sekitar pukul 13.00 WIB.

"Saat ABK sedang membersihkan ikan dan menoleh ke belakang melihat api sudah membakar sebagian dapur," kata Supriyadi kepada wartawan, Kamis sore.

ABK tersebut kemudian berupaya memadamkan api dengan APAR. Namun api justru semakin membesar, sehingga ABK tersebut melompat ke dermaga untuk menyelamatkan diri.

Di tengah kondisi itu, dua ABK lainnya berinisiatif masuk ke kapal dan memindahkannya ke tengah dermaga agar tidak merembet ke kapal lainnya yang sedang sandar.

"Saat kapal sudah di tengah dermaga, ABK menurunkan jangkar, namun api sudah semakin membesar dan jangkar putus. Keduanya akhirnya juga melompat," ujar Supriyadi.

Tak berselang lama, petugas damkar yang menerima laporan kebakaran langsung menuju lokasi kejadian. Api akhirnya dapat dikendalikan satu jam kemudian.

"Kebakaran diduga bersumber dari kompor gas. Akibat kejadian itu, kerugian diperkirakan sekitar Rp 150 juta," kata Supriyadi.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/07/173547578/kapal-ikan-terbakar-di-pelabuhan-cilacap-abk-lompat-ke-laut-untuk

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke