Salin Artikel

Dandim Brebes Larang Anggota TNI Arahkan Keluarganya untuk Mendukung Peserta Pemilu

"TNI harus netral, tidak boleh berpihak ke siapapun," tegas Komandan Kodim (Dandim) 0713 Brebes Letkol Infanteri Sapto Broto saat acara Ngopi Bareng Jurnalis Brebes, di Markas Kodim Brebes, Rabu (6/12/2023).

Sapto juga menegaskan, anggota TNI juga tidak boleh mengarahkan keluarganya untuk mendukung peserta pemilu. Meskipun keluarga anggota TNI memiliki hak memilih.

"Anggota TNI bahkan tidak boleh mengarahkan keluarganya. Sehingga TNI selalu menjaga konsudivitas berjalannya Pemilu yang langsung, umum, bebas dan rahasia," kata Sapto.

Pihaknya telah menginstruksikan jajarannya hingga ke bawah seperti Komando Rayon Militer (Koramil) untuk tetap bersikap netral.

Bahkan tempat-tempat milik TNI juga tidak diperbolehkan untuk berkampanye calon tertentu. Bagi anggota yang melanggar, ada sanksi tegas yang bisa dijatuhkan.

"Anggota yang terbukti tidak netral, sudah ada posko pengaduan untuk diproses secara hukum berlaku," kata Sapto.

Jenderal Maruli menegaskan bahwa tidak ingin mengorbankan nama TNI AD untuk hal yang tidak baik. Sebab, pengorbanan itu akan menjadi sejarah panjang bagi TNI AD.

"Saya akan pastikan bahwa TNI Angkatan Darat khususnya, harus netral. Saya pastikan itu. Kita sangat bereaksi cepat kalau ada kejadian-kejadian yang seperti ini dan kalau ada pelanggaran," kata Maruli di Istana Negara, Jakarta Pusat, Rabu (29/11/2023).

"Saya pikir, saya pribadi tidak akan meng-gambling-kan nama institusi Angkatan Darat yang sudah baik untuk hal seperti ini. Saya tidak mau nanti ini akan menjadi sejarah panjang bahwa kami di TNI Angkatan Darat khususnya tidak netral dalam pemilihan umum," ujarnya lagi.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/06/221626678/dandim-brebes-larang-anggota-tni-arahkan-keluarganya-untuk-mendukung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke