Salin Artikel

Belum Jelas ke Mana 139 Pengungsi Rohingya yang Berlabuh di Sabang Akan Ditampung

Mereka berlabuh di Sabang pada Sabtu (2/12/2023) dini hari.

Protection Associate United Nations High Commissioner for Refugees (UNHCR) Faisal Rahman mengatakan, belum mendapat informasi soal tempat untuk menampung pengungsi tersebut. 

UNHCR disebutnya masih menunggu keputusan dari Pemerintah Indonesia.

“Para pengungsi masih di lokasi pendaratan dan belum ada keputusan terkait di mana pengungsi itu akan ditampung,” kata Faisal saat dihubungi, Senin (4/12/2023). 

Saat ini, sambung Faisal, tim UNHCR masih berkoordinasi dengan pemerintah pusat dan pemerintah daerah untuk penanganan imigran tersebut.

Hal senada disebutkan Kepala Seksi Teknologi Informasi Keimigrasian Lhokseumawe, Izhar Rizky.

Dia mengatakan belum mendapatkan informasi terkait pengungsi Rohingya yang mendarat di Sabang akan direlokasi ke Lhokseumawe.

“Kalau dipaksakan direlokasi ke bekas gedung imigrasi biasa saja. Tapi ya itu, kondisi gedung sudah tidak layak. Saat ini kami sedang menunggu pentujuk pimpinan apakah direlokasi ke Lhokseumawe atau tidak,” pungkasnya.

Sekadar diketahui sebulan terakhir tujuh kapal yang membawa pengungsi Rohingya mendarat di sejumlah tempat di Aceh.

Jumlah mereka mencapai 1.000 lebih kini ditampung di Kota Lhokseumawe dan Kabupaten Pidie. Sebagian mereka telah melarikan diri dari lokasi penampungan.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/04/124943078/belum-jelas-ke-mana-139-pengungsi-rohingya-yang-berlabuh-di-sabang-akan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke