Salin Artikel

Di Boyolali, Puan Sebut Hidup di Indonesia Tak Berwarna Tanpa Seniman

Berdasarkan pantauan Kompas.com, Puan tiba di Kebun Raya Indrokilo disambut beberapa kepala daerah di Soloraya.

Mereka ada Wakil Wali Kota Solo Teguh Prakosa, Bupati Klaten Sri Mulyani, Bupati Sukoharjo Etik Suryani, Bupati Wonogiri Joko Sutopo atau Jekek dan Bupati Karanganyar Rober Christanto.

Putri Presiden kelima RI Megawati Soekarnoputri ini mengawali kegiatannya dengan menanam pohon di Kebun Raya Indrokilo.

Setelah itu, Puan menyapa seluruh komunitas seniman Boyolali yang telah berkumpul di tempat itu. Dia menilai hidup di Indonesia tidak berwarna tanpa seniman.

"Kehadiran saya di sini untuk bertemu dengan para seniman dan seniwati. Karena tanpa para seniman dan seniwati, hidup di Indonesia itu tentu saja menjadi tidak berwarna," kata Puan di Boyolali, Jawa Tengah, Minggu (3/12/2023).

Puan menyampaikan dukungannya terhadap seniman untuk berkarya termasuk dalam pelestarian budaya. Menurut dia hasil karya seniman bisa mempengaruhi manusia.

"Karya seniman bisa membuat manusia tersenyum, tertawa, sedih, menangis, marah bahkan bahagia," kata dia.

Ketua DPP PDI-P ini ingin para seniman di Indonesia tetap berkarya dan membangun bangsa dengan hasil karyanya.

"Seni yang ada di Indonesia merupakan salah satu pelestarian budaya yang memang harus kita dukung." 

"Kita harus bikin para seniman dan seniwati itu tetap berkarya. Tidak putus asa sehingga membangun bangsa ini dengan hasil karyanya," jelas caleg DPR RI Dapil V Jateng.

Puan juga menyampaikan dalam situasi politik saat ini para seniman bisa menangkap dan mengekspresikan melalui hasil karyanya.

Oleh karena itu, Puan mengajak masyarakat untuk menghargai dan mendukung seniman serta menghargai hasil karyanya.

"Di situasi politik yang seperti ini pun bukan kampanye loh ya. Di situasi politik yang seperti ini pun kita bisa menangkap dan mengeksplor bahkan mempersepsikan apa-apa saja yang dilakukan para seniman seniwati dengan hasil karya."

"Secara hitam putih disampaikan keresahan hatinya itu salah satu kemudian para seniman dan seniwati mengekspresikan dirinya bisa melalui hal lagu, musik, tarian, lukisan hasil kreasi patung dan lain sebagainya," ungkap dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/12/03/170150378/di-boyolali-puan-sebut-hidup-di-indonesia-tak-berwarna-tanpa-seniman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke