Salin Artikel

Kader HMI Sempat Ricuh di Asrama Pondok Haji Pontianak, Pj Gubernur Kalbar Ungkap Penyebabnya

Menurut Harisson, peristiwa tersebut terjadi karena adanya miskomunikasi antara kader yang datang dengan panitia kongres.

“Kemarin waktu mereka datang tidak diinfokan kalau tempatnya di tenda. Kebetulan juga saat mereka datang kemarin cuaca sedang hujan,” kata Harisson usai bertemu dengan perwakilan mahasiswa di Asrama Haji, Minggu (26/11/2023).

Selain itu, faktor kelelahan juga mempengaruhi. Pasalnya, seribuan kader HMI tersebut berangkat dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat menggunakan kapal dan berlabuh di Kalimantan Tengah.

Kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan bus dengan jarak tempuh 2 hari.

“Sekarang sudah relatif tenang. Masyarakat tidak perlu khawatir, karena teman-teman HMI ini adalah mahasiswa intelektual,” ucap Harisson.

Sebelumnya diberitakan, Kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) baru dibuka Presiden Joko Widodo, Jumat (24/11/2022) malam tapi ketegangan disertai kericuhan antarmahasiswa sudah terjadi.

Peristiwa kericuhan terjadi di Asrama Haji Pontianak, yang menjadi salah satu tempat menginap ribuan mahasiswa asal Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat.

Saat tiba dengan menggunakan sejumlah bus, Jumat siang, para mahasiswa protes dengan fasilitas penginapan tidak memadai.

Sebagai informasi, panitia kongres hanya menyiapkan sejumlah tenda besar dengan beralas karpet di halaman Asrama Haji.

Selain itu, kericuhan antarmahasiswa juga dipicu dari pembagian nasi makan siang yang tidak merata.

Kabid Humas Polda Kalbar Kombes Pol Raden Petit Wijaya mengatakan, mahasiswa tersebut merupakan rombongan di luar undangan dan minta fasilitas tempat menginap.

“Mereka simpatisan dari Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat. Mereka menaiki kapal kemudian melanjutkan perjalanan menggunakan bus ke Pontianak,” kata Petit kepada wartawan, Jumat siang.

Untuk mengantisipasi kericuhan tidak meluas, polisi memblokade Jalan Sutuyo Pontianak melakukan pendekatan persuasif kepada perwakilan rombongan.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/27/142221178/kader-hmi-sempat-ricuh-di-asrama-pondok-haji-pontianak-pj-gubernur-kalbar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke