Salin Artikel

Masuk Musim Hujan, 9 Daerah di Sumsel Rawan Banjir dan Longsor

Kesembilan daerah itu adalah Kabupaten Empat Lawang, Kota Pagar Alam, Lahat, Ogan Komering Ulu (OKU), OKU Selatan, OKU Timur, Musi Rawas (Mura), Musi Rawas Utara, dan Kota Lubuk Linggau.

Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Sumatera Selatan M Iqbal Alisyahbana mengatakan, sembilan wilayah rawan banjir dan tanah longsor karena memiliki faktor geografis yang berada di kawasan dataran tinggi.

Selain itu, dampak El Nino yang menyebabkan kemarau panjang, membuat beberapa kawasan mengalami kekeringan sehingga tanaman pun menjadi mati.

Akibatnya, tanaman yang berperan penting menjaga ekosistem untuk menyerap angin pun membuat kawasan perbukitan menjadi rentan terkena longsor dan banjir bandang.

“Kabupaten kota yang masuk daerah rawan sudah kami sampaikan untuk waspada setelah BMKG mengeluarkan peringatan dini soal potensi bencana hidrometeorologi,” kata Iqbal Kamis (23/11/2023).

Iqbal menerangkan, 1.000 personel dan peralatan saat ini akan disiapkan ke seluruh daerah rawan.

Selain itu, masyarakat pun diimbau untuk waspada ketika terjadi hujan dengan intensitas deras karena rawan terjadi banjir bandang dan tanah longsor.

“Seluruh yang dibutuhkan akan disiapkan untuk memitigasi bencana banjir dan tanah longsor,” ujar Iqbal.

Selain itu, untuk anggaran dalam bencana tersebut nantinya menyesuaikan kondisi bencana di suatu wilayah.

"Untuk perhitungannya akan kita data lagi lebih lanjut," ungkapnya.


Diberitakan sebelumnya, 1.000 pasukan dari seluruh instansi disiagakan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan di daerah rawan untuk mengantisipasi bencana hidrometeorologi akibat perubahan cuaca yang berlangsung saat ini.

Penjabat Gubernur Sumatera Selatan Agus Fatoni mengatakan, berdasarkan prakiraan dari Badan Meteorologi, Klimatologi, Geofisika (BMKG) terdapat perubahan iklim dengan potensi hujan merata di seluruh wilayah dalam kurun waktu tiga hari ke depan.

Potensi hujan deras itu dikhawatirkan dapat menimbulkan bencana banjir dan tanah longsor terutama di kawasan perairan serta pegunungan.

Sebanyak 1.000 petugas gabungan itu nantinya disiapkan untuk mengantisipasi mengevakuasi warga yang terdampak.

“Ini sebagai upaya kita untuk melakukan mitigasi di beberapa daerah rawan bencana banjir dan tanah longsor,” kata Agus Fatoni saat menggelar apel pasukan antisipasi bencana di Palembang, Kamis (23/11/2023).

https://regional.kompas.com/read/2023/11/23/183918978/masuk-musim-hujan-9-daerah-di-sumsel-rawan-banjir-dan-longsor

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke