Salin Artikel

BMKG Beri Peringatan Kondisi Cuaca Ekstrem di Natuna

Hal itu diungkap oleh Kepala Stasiun Meteorologi Ranai, Feriomex Hutagalung di Natuna, Rabu malam (22/11/2023) seperti dikutip Antara.

Menurut Feriomex, pada periode 23-27 November beberapa wilayah Natuna akan mengalami hujan dengan intensitas sedang hingga lebat, yang disertai petir dan angin kencang.

Kondisi tersebut bisa terjadi karena adanya bibit siklon tropis 99 W yang terpantau berada di perairan Natuna bagian utara sebelah utara Kalimantan Barat.

Bibit siklon tropis itu bergerak dengan kecepatan angin maksimum 15 knots dan tekanan udara minimum sebesar 1008 hPa ke arah Barat, memengaruhi pertumbuhan awan-awan hujan di Kabupaten Natuna

"Diimbau kepada seluruh masyarakat Natuna untuk selalu waspada terhadap dampak cuaca ekstrem yang dapat memicu terjadinya bencana hidrometeorologi seperti genangan air, angin kencang, serta tanah longsor," ucap dia.

Selain itu, gelombang dengan ketinggian kategori sedang hingga tinggi juga berpeluang terjadi di beberapa perairan di daerah itu.

Untuk gelombang dengan kategori sedang atau 1.25-2.5 meter (m) berpeluang terjadi di Laut Natuna, yakni Perairan Selatan Kepulauan Natuna.

Sedangkan gelombang dengan kategori tinggi atau 2.5-4 m berpeluang terjadi di Laut Natuna Utara meliputi Perairan Utara, Perairan Barat, dan Perairan Timur Kepulauan Natuna.

Feriomex menyebut, perahu nelayan harus lebih berhati-hati jika kecepatan angin lebih dari 15 knot dan tinggi gelombang di atas 1,25 meter.

Sementara, untuk kapal tongkang wajib lebih memerhatikan kondisi ketika kecepatan angin lebih dari 16 knot dan tinggi gelombang di atas 1,5 meter.

Kemudian untuk kapal ferry, wajib waspada ketika kecepatan angin lebih dari 21 knot dan tinggi gelombang di atas 2,5 meter.

Sedangkan kapal ukuran besar seperti kapal kargo/kapal pesiar, akan terdampak ketika kecepatan angin mencapai lebih dari 27 knot dan tinggi gelombang di atas 4.0 meter.

"Dimohon kepada masyarakat yang tinggal dan beraktivitas di pesisir sekitar area yang berpeluang terjadi gelombang tinggi agar tetap selalu waspada," ucap Feriomex.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/23/074356478/bmkg-beri-peringatan-kondisi-cuaca-ekstrem-di-natuna

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke