Salin Artikel

Jokowi Dijadwalkan Hadiri Kongres HMI di Pontianak, Polda Kalbar Siagakan 2.300 Personel

PONTIANAK, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo dijadwalkan membuka kongres Himpunan Mahasiswa Islam (HMI) di Kota Pontianak, Kalimantan Barat (Kalbar), Jumat (24/11/2023).

Kepala Polisi Daerah Kalbar Irjen Pol Pipit Rismanto memastikan telah menyiagakan 2.300 personel untuk pengamanan kedatangan Presiden Joko Widodo dan pelaksanaan kongres.

“Gelar pasukan pengamanan dengan operasi Aman Cendekia Kapuas tah dilakukan,” kata Pipit kepada wartawan, Selasa (21/11/2023).

Pipit menerangkan, potensi massa yang akan menghadiri konres nasional HMI tersebut lebih dari 4.000 orang. Mereka datang ke Kalbar tidak hanya melalui jalur udara, tapi juga perjalanan darat dan laut.

“Jalur darat peserta yang berasal dari Kalteng, Kalsel dan Kaltim. Mereka melewati Jalan Trans Kalimantan. Jalur-jalur rawan akan kita antisipasi,” ujar Pipit.

Selain itu, ucap Pipit, pihaknya juga akan memgantisipasi terjadinya gejolak dalam pelaksanaan kongres.

“Jika dilihat historinya setiap agenda kongres pasti ada dinamika yang berkembang. Kami harus mengantisipasi segala upaya dengan konsep operasional dari preemtif, preventif sampai penegakan hukum," tegas Pipit.

Pipit menjelaskan, pengamanan yang dilakukan nanti bersifat khusus. Kepolisian akan melakukan operasi kewilayahan untuk menjaga keamanan dan ketertiban masyarakat.

"Kami bertanggung-jawab terhadap masalah kamtibmas bersama-sama stakeholder TNI dan serta lainnya," tutup Pipit.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/21/232545278/jokowi-dijadwalkan-hadiri-kongres-hmi-di-pontianak-polda-kalbar-siagakan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke