Salin Artikel

Piala Dunia U17, Tingkat Kunjungan Wisata Kampung Batik Laweyan dan Kauman Naik

SOLO, KOMPAS.com - Gelaran Piala Dunia U17 membuat Wisata Kampung Batik Laweyan dan Kauman Kota Solo, Jawa Tengah (Jateng), mengalami peningkatan.

Ketua Paguyuban Kampung Batik Kauman Gunawan Setiawan mengatakan, ada beberapa kunjungan yang berasal dari official dan penonton Piala Dunia yang telah digelar sejak 10 November 2023, tetersebut.

Akan tetapi, pihaknya belum dapat memastikan berapa banyak kontribusi kunjungan dari penonton maupun official kesebelasan yang menjadi peserta piala dunia.

"Yang pasti setiap hari ada, dari kelompok ini jumlahnya puluhan yang berkunjung ke kampung kami," katanya saat ditemui pada Selasa, (21/11/2023).

Dari pengakuannya pula, para pengunjung ini datang untuk melakukan berbagai aktivitas, mulai dari foto hingga melihat produksi batik secara langsung dan membeli sejumlah kain batik.

"Kunjungan wisata yang mereka lakukan ini menjadikan kegiatan piala dunia tidak hanya olahraga tapi juga hiburan wisata, mengenal budaya, dan sesuatu yang bikin tamu kita tidak bosan, hanya lihat bola," ujarnya.

Di sisi lain, Ketua Forum Pengembangan Kampoeng Batik Laweyan (FPKBL) Alpha Febela Priyatmono menjelaskan, batik merupakan warisan budaya dan sudah diakui oleh dunia.

"Ini bisa mengangkat Solo dan menjadi potensi yang dimiliki oleh Kota Solo," jelasnya saat ditemui pada Selasa (21/11/2023).

Dia berharap, Kota Solo bakal menjadi tuan rumah gelaran Internasional serupa Piala Dunia U17 setiap tahunnya.

Sehingga bisa terus meramaikan kunjungan wisata di Kampung Batik Laweyan maupun Kauman.

"Insyaallah event seperti ini bisa diadakan secara rutin. Bisa mendongkrak pendapatan daerah. Selain itu, potensi ini kalau dikembangkan dan dikolaborasikan akan mendongkrak kunjungan wisatawan," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/21/204730378/piala-dunia-u17-tingkat-kunjungan-wisata-kampung-batik-laweyan-dan-kauman

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke