Salin Artikel

Pemkab Tangerang Terima Bantuan Kapal Neon Moon II dari Coldplay, "Launching" 1 Januari 2024

Coldplay bekerja sama dengan lembaga The Ocean Cleanup yang menyediakan kapal Neon Moon II.

Kapal itu, kini statusnya sudah dihibahkan ke Pemerintah Kabupaten Tangerang karena lokasi Sungai Cisadane berada di wilayah tersebut.

Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang, Fachrul Rozi mengatakan, kapal tersebut akan ditempatkan di sekitar muara Sungai Cisadane di Desa Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga.

"Saat ini kapal masih berada di Cilincing dan kemungkinan akan sampai di Tanjung Burung pada 25 November 2023," kata Fachrul Rozi kepada Kompas.com melalui sambungan telepon, Senin (20/11/2023).

Pemkab Tangerang menyiapkan sejumlah keperluan untuk operasional kapal Neon Moon II, di antaranya adalah menyediakan operator yang mengoperasikan kapal tersebut.

"Nanti akan di-training oleh The Ocean Cleanup, diajari bagaimana cara operasi kapal, penggunaan alat, penggunaan speedboat dan lainnya," kata dia.

Training dilakukan langsung di Sungai Cisadane menggunakan kapal Neon Moon II.

Untuk operasi resminya akan dilakukan launching kapal pada Januari 2024.

"Pemerintah Kabupaten Tangerang sangat mengapresiasi bantuan kapal penyedot sampah yang diberikan The Ocean Cleanup termasuk kepada band Coldplay selaku penyumbang dana pembuatan kapalnya," kata Fachrul Rozi.

Dikutip dari rilis resmi Pemkab Tangerang, kapal Neon Moon II merupakan generasi ketiga kapal pembersih sampah dari The Ocean Cleanup.

Kapal ini diproduksi dengan anggaran mencapai 777.000 dolar AS atau setara dengan Rp 12 miliar.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/20/164810778/pemkab-tangerang-terima-bantuan-kapal-neon-moon-ii-dari-coldplay-launching

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke