Salin Artikel

Ganjar Pranowo Tinjau Rumah Warga Tak Layak Huni di Sorong

Dari pantauan Kompas.com, Ganjar tiba di Bandara Domine Edward Osok Sorong sekitar pukul 12.30 WIT setelah melakukan perjalanan dari Manokwari, Papua Barat.

Ganjar terlihat menggunakan kemeja hitam. Ia sempat bersalaman dengan pendukungnya yang sudah menunggu di bandara.

Capres nomor urut 3 itu disambut dengan atraksi suling tambur dan prosesi penyematan mahkota dan tradisi injak piring yang dipersiapkan oleh tokoh adat suku Imeko dan Byak.

Ganjar pun bergegas bersama rombongan menuju Kompleks Kokoda. Di sana ia kembali disambut dengan atraksi tarian dari suku Imeko dan berjalan kurang lebih 700 meter ke lokasi kegiatan.

"Inilah pesan kami keluarga besar Imeko yang berjudul pesan moral dan amanah masyarakat adat suku besar Imeko dari negeri lumpur yang bermandikan air susu dan madu."

"Semboyan kami: kalau datang lihat kami kembali ingat kami," ujar Kepala Suku Kokoda Abraham Bodori di Sorong.

Sementara itu Ganjar mengatakan, dirinya hadir secara langsung bersama masyarakat di Sorong guna membuka mata telinga dan hati untuk melihat kondisi yang ada.

"Saya akan mengupayakan beberapa hal untuk berkomunikasi dengan pemerintah karena saya menerima proposal. Saya bukan pemerintah, tapi insyaallah kalau Allah mau kasih petunjuk selalu saja ada orang baik yang akan menolong," ujar Ganjar.

Mantan Gubernur Jawa Tengah ini sempat mendegar keluhan masalah pendidikan dan melihat kondisi rumah warga tidak layak huni. Ia pun berbincang dengan pemilik rumah yang sudah tinggal sejak lama.

"Izinkan bapak-bapak setelah pulang dari sini (Sorong) kami akan berkomunikasi dengan kawan-kawan kami mungkin di antara kami ada yang terketuk hatinya. Tidak perlu kita menunggu urusan politik urusan Pilres tidak perlu," ungkapnya.

Usai mengunjungi Sorong, Ganjar melanjutkan perjalanan ke Raja Ampat dan selanjutnya akan menikmati matahari pagi tempat wisata Pianemo.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/20/154642278/ganjar-pranowo-tinjau-rumah-warga-tak-layak-huni-di-sorong

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke