Salin Artikel

Polisi Periksa Penyewa Mahasiswa ITB yang Jadi Joki Tes CPNS Lampung

LAMPUNG, KOMPAS.com - Penyidik Direktorat Reserse Kriminal Khusus (Ditreskrimsus) Polda Lampung telah melakukan klarifikasi kepada peserta ujian CPNS yang menggunakan joki berinisial RDS (20).

Nama peserta tersebut digunakan oleh RDS saat hendak masuk ke dalam lokasi tes berbasis komputer pada Senin (13/11/2023).

Kepala Bidang (Kabid) Humas Polda Lampung, Komisaris Besar (Kombes) Umi Fadillah, membenarkan penyidik sudah memeriksa peserta tes yang diduga menggunakan jasa joki itu.

"Sudah (diperiksa)," kata Umi melalui pesan WhatsApp, Jumat (17/11/2023).

Namun, terkait identitas ataupun nomor peserta ujian itu, Umi mengaku belum bisa membeberkannya.

"Saya belum bisa mengungkap identitas penyewanya (pengguna jasa joki)," kata Umi.

Direktur Ditreskrimsus Polda Lampung Kombes Donny Arif Praptomo juga membenarkan penyidik sudah memeriksa peserta pengguna jasa joki itu.

"Sudah diklarifikasikan ke yang bersangkutan," kata Donny.

Sedangkan terkait identitas, Donny hanya bisa mengungkap peserta tersebut adalah warga Kabupaten Lampung Tengah.

"Warga Lamteng (Lampung Tengah)," kata dia.

Sementara itu, Kepala Seksi Penerangan dan Hukum (Kasipenkum) Kejati Lampung, Ricky Ramadhan mengaku pihaknya masih menunggu hasil pendalaman kepolisian.

Menurut Ricky, setelah penyelidikan di kepolisian pihaknya baru bisa menentukan sikap selanjutnya apakah nama peserta akan masuk daftar hitam ataupun tidak.

"Untuk pengguna kami masih tunggu informasi selanjutnya. Dan untuk pendalaman sudah kami serahkan ke penyidik kepolisian," kata Ricky.

Diberitakan sebelumnya, Kepolisian Daerah (Polda) Lampung memburu tiga orang terduga kasus joki CPNS Kejaksaan 2023 yang terungkap di Lampung.

Polisi menyebut tiga orang ini adalah bagian dari tim RDS (20) mahasiswa Institut Teknologi Bandung (ITB) yang diamankan sebelumnya.

RDS ketahuan menjadi joki saat pelaksanaan tes CPNS Kejaksaan pada Senin (13/11/2023) di Gedung Graha Achava Join di Jalan Pramuka.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/17/164533678/polisi-periksa-penyewa-mahasiswa-itb-yang-jadi-joki-tes-cpns-lampung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke