Salin Artikel

Keluh Panitia CPNS di Semarang, Celananya Dipinjam Peserta Tapi Tak Dikembalikan

SEMARANG, KOMPAS.com - Peristiwa unik terjadi di lokasi tes Calon Pegawai Negeri Sipil (CPNS) Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) di Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng).

Seorang peserta kedapatan tidak membawa celana bewarna hitam sesuai dengan persyaratan untuk ujian. 

Agar tetap mengikuti ujian, akhirnya panitia meminjamkan celana warna hitam kepada peserta tersebut. Namun, hingga ujian selesai, celana tersebut malah dibawa kabur. \

Karena kejadian tersebut, panitia melalui akun Instagram @kemenkumham_jateng meminta agar celana yang dipinjam seorang peserta itu segera dikembalikan. 

"Tolong KEMBALIKAN CELANA," tulis akun tersebut dalam caption-nya.

Menanggapi hal itu, Panitia Bagian Layanan dan Informasi tes CPNS di Kantor Kementrian Hukum dan Hak Asasi Manusia (Kemenkumham) Dani Anggoro menjelaskan jika panitia memang menyediakan baju pinjaman untuk peserta. 

"Kita memang menyediakan celana dan baju untuk berjaga-jaga jika ada peserta yang salah bawa seragam tak sesuai dengan ketentuan," jelasnya saat dikonfirmasi via telepon, Kamis (16/11/2023). 

Namun, lanjutnya, celana dan baju tersebut tidak boleh dibawa pulang agar bisa dipinjam oleh peserta lain di hari berikutnya. 

"Kalau celana dibawa pulang kalau ada peserta lain yang tak bawa kan bisa gantian kita pinjamkan," ujar Dani. 

Saat itu, peserta yang membawa pulang celana milik panitia itu membawa celana abu-abu. Hal itu membuat peserta tersebut terancam ditolak saat mengikuti ujian. 

"Hal-hal seperti itu nanti akan ditolak ketika mengikuti ujian," imbuh dia. 

Oleh karenanya, celana dan baju itu memang telah disediakan oleh panitia agar peserta yang salah bawa seragam tak sesuai aturan dapat pinjam panitia. 

"Panitia itu menyediakan celana untuk membantu mereka agar tetap dapat mengikuti ujian," ujar Dani.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/16/170249178/keluh-panitia-cpns-di-semarang-celananya-dipinjam-peserta-tapi-tak

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke