Salin Artikel

Ada 50 Buaya Muara Hidup Liar di Teluk Dawan, Warga Harus Hati-hati

"Dari hasil survei yang sudah kami lakukan sejak 2019 hingga saat ini, kami mencatat sepanjang lima kilometer di Teluk Dawan ditemui ada sekitar 50 ekor buaya muara, berukuran besar hingga kecil."

Demikian penjelasan dari Polisi Kehutanan Balai Konservasi Sumber Daya Alam (BKSDA) Jambi Jefrianto, di Jambi, Senin (13/11/2023), yang dikutip Antara.

Buaya Muara memiliki aktivitas seperti berjemur dan naik ke permukaan untuk beraktivitas.

Sama seperti yang terjadi di Jembatan Teluk Dawan berapa minggu yang lalu, ada kemunculan sepasang buaya muara berukuran sekitar 2-3 meter.

Kedua hewan buas itu terlihat menyusuri permukaan air sepanjang Teluk Dawan, hingga menarik perhatian masyarakat, dan videonya beredar di media sosial.

"Besar kemungkinan kemunculan buaya muara di Teluk Dawan itu sedang masuk masa kawin, karena yang viral kemarin munculnya sepasang buaya."

"Tetapi hal itu juga belom bisa dipastikan benar atau tidak, bisa jadi hanya untuk mencari makan," kata Jefrianto.

BKSDA Jambi mengimbau masyarakat -terutama yang hidup berdampingan dengan habitat satwa liar- untuk selalu berhati-hati.

"Jangan sampai nanti ada interaksi negatif antara masyarakat dan buaya, khususnya yang berdampingan," kata dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/13/173940378/ada-50-buaya-muara-hidup-liar-di-teluk-dawan-warga-harus-hati-hati

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke