Salin Artikel

Seekor Paus Ditemukan Mati Terdampar di Pantai Bangko Manggarai Barat

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Seekor paus berukuran besar ditemukan mati terdampar di Pantai Bangko, Desa Nanga Bere, Kecamatan Lembor Selatan, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT), pada Jumat (10/11/2023).

Fadil Mubaraq, warga sekaligus pegiat konservasi Desa Nanga Bere, mengatakan, paus itu ditemukan nelayan yang sedang berada di pinggir pantai pada Jumat sekitar pukul 05.00 Wita.

"Ada nelayan hendak melaut, mereka menemukan paus terdampar di pinggir laut," kata Fadil saat dikonfirmasi, Jumat sore.

Ia menyebut, warga sudah mencoba berusaha menyelamatkan paus itu. Bahkan, warga mencoba berulang kali mendorong paus itu ke laut. Namun, mamalia laut itu terus kembali ke pesisir.

"Akhirnya paus itu mati," ujar dia.

Pihaknya pun langsung melaporkan penemuan paus itu ke pihak Balai Kawasan Konservasi Perairan Nasional (BKKPN) Laut Sawu wilayah kerja Manggarai.

"Mereka langsung berkoordinasi dengan lintas sektor atau pihak terkait untuk sama-sama menuju lokasi. Siang tadi mereka tiba di lokasi menggunakan kapal motor. Sore ini kabarnya paus tersebut akan dikubur di pantai," ungkap dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/10/180839978/seekor-paus-ditemukan-mati-terdampar-di-pantai-bangko-manggarai-barat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke