Salin Artikel

Perekam Kasus Pembunuhan Aktivis Papua Michelle Kurisi Ditangkap

JAYAPURA, KOMPAS.com - Satgas Operasi Damai Cartenz 2023 bersama personel Polres Jayawijaya menangkap JW, tersangka kasus pembunuhan aktivis perempuan Papua, Michelle Kurisi.

"Saya sudah bilang kita akan kejar semua pelaku, JW kita tangkap di Wamena kemarin (9/11/2023) malam," ujar Kapolda Papua Irjen Mathius D. Fakhiri di Jayapura, Jumat (10/11/2023).

Kasus pembunuhan Michelle Kurisi terjadi di Distrik Koloak Atas, Kabupaten Lanny Jaya, Papua Pegunungan, pada 28 Agustus 2023.

Sebelum jasad korban ditemukan aparat keamanan, video aksi pembunuhan itu tersebar di media sosial.

Fakhiri menjelaskan, polisi sudah mengetahui identitas para pelaku dan perannya dalam kasus tersebut. Termasuk JW yang diduga kuat menjadi sosok yang merekam kejadian tersebut.

"JW ini yang merekam dan mengambil HP korban. Saat ditangkap HP korban juga kita berhasil amankan," kata Fakhiri.

Ia menegaskan, aparat keamanan akan terus mengejar tiga pelaku lainnya karena jumlah pelaku pembunuhan berjumlah tujuh orang.

Sebelum menangkap JW, aparat keamanan gabungan terlebih dahulu berhasil menangkap tiga pelaku lain, yakni PM, AW dan RK alias RM, yang merupakan anggota Komite Nasional Papua Barat (KNPB) Baliem Barat.

"Hari Kamis (5/10/2023), kami telah melakukan penangkapan terhadap serorang terduga pelaku pembunuhan Michele dengan inisial PM di Jayawijaya, kemudian besoknya kami lakukan pengembangan dan menangkap lagi terduga pelaku  AW di Jayapura kemudian RK alias RM di Tolikara," ujar Kepala Operasi Damai Cartenz 2023 Kombes Faizal Ramadhani melalui keterangan tertulis, Senin ( 9/10/2023).

https://regional.kompas.com/read/2023/11/10/155641078/perekam-kasus-pembunuhan-aktivis-papua-michelle-kurisi-ditangkap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke