Salin Artikel

Pembangunan "Sheet Pile" di Tambaklorok Baru 50 Persen, Terganjal Pembebasan Lahan

SEMARANG, KOMPAS.com - Pembangunan sheet pile di Kawasan Kampung Nelayan Tambaklorok, Kota Semarang, Jawa Tengah (Jateng) masih terkendala lahan.

Padahal, berdasarkan prakiraan Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), Kota Semarang akan mengahadapi puncak musim hujan pada Januari-Februari 2024.

Pembangunan sheet pile di daerah tersebut diharapkan dapat menjadi solusi banjir rob yang datang setiap tahun di wilayah pesisir Semarang itu.

Pejabat Pembuat Komitmen (PPK) Sungai dan Pantai BBWS Pemali-Juana, Dani Prastyo mengatakan, sampai saat ini progres pembangunan masih 50 persen.

"Masih ada 13 bidang tanah yang belum selesai dibebaskan," jelasnya saat dikonfirmasi via telepon, Jumat (10/11/2023).

Saat ini, Dani masih terus berkomunikasi soal beberapa titik lahan yang belum dibebaskan. Sesegera mungkin, dia akan berkoordinasi dengan Pemerintah Kota Semarang.

"Masih ada kendala dalam pembebasan lahan yang terkait dengan beberapa titik yang perlu segera dikoordinasikan dengan Pemerintah Kota Semarang," kata dia.

Akhir tahun ini, pembangunan sheet pile tersebut belum selesai 100 persen. Dia memperkirakan, sheet pile baru selesai pada Mei 2024 mendatang.

"Targetnya memang Mei 2024, akhir tahun ini tak bisa," ujar Dani.

Dia menjelaskan, saat pengerjaan sheet pile di sisi timur sudah selesai. Selanjutnya, sheet pile yang di sisi barat akan segera diselesaikan sambil menunggu pembebasan lahan.

"Ini sudah masuk tahap dua," imbuh dia.

Meski belum selesai 100 persen, saat ini fondasi untuk sheet pile sudah mengelilingi kawasan Tambaklorok.

"Pemasangan sheet pile juga masih berlangsung," tutup dia.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/10/111759278/pembangunan-sheet-pile-di-tambaklorok-baru-50-persen-terganjal-pembebasan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke