Salin Artikel

Gagal Jual Senjata Api Curian, 2 Pelajar SMA di Palu Malah Berurusan dengan Polisi

PALU, KOMPAS.com - Dua pelajar sekolah menengah atas (SMA) di Kota Palu, Sulawesi Tengah, berurusan dengan polisi lantaran mencuri senjata api (senpi) beserta 10 butir amunisinya.

 

Senpi itu rencananya akan dijual dengan harga Rp 2.000.000. 

 

Peristiwa pencurian senpi itu terjadi Minggu (29/10/2023) lalu di Jalan Lagarutu,  Kecamatan Palu Selatan.

 

 

Kepala Kepolisian Resor Kota (Polresta) Palu Komisaris Besar (Kombes) Polisi Barliansyah mengatakan dua pelajar yang menemukan senpi, menyimpan dan berupaya untuk menjualnya itu,  pidananya saat ini tetap di proses. 

 

"Sekarang ini kita masih tahan di Polresta Palu. Soal mereka memahami atau tidak memahami atas perbuatannya ini fatal," katanya, dikonfirmasi KOMPAS.com, Selasa (7/11/2023)

 

Berdasarkan kronologi kejadian, awalnya sekitar pukul 05.00 Waktu Indonesia Tengah (Wita) dua remaja berinisial MF (17) dan AL (17) keluar dari halaman masjid usai buang air kecil di toilet. 

 

Saat keluar dari halaman masjid mereka melihat ada orang tertidur di dekat kios.

 

 

Tak jauh dari orang yang tertidur tersebut tergeletak sepucuk senjata api lengkap dengan amunisinya. Tanpa pikir panjang kedua pelajar ini mengambilnya dan berniat menjualnya. 

 

"Harusnya kalau punya itikad baik, keduanya melaporkan ke kepolisian setempat. Bukannya malah disimpan untuk dijual," kata Barliansyah. 

 

Setelah ditelusuri, senpi yang akan dijual tersebut merupakan senjata  jenis Sig Sauer nomor 58C149637.

 

Senjata genggam itu terdaftar sebagai barang inventaris milik Direktorat Pengamanan Objek Vital (Ditpamobvit) Polda Sulteng milik Brigadir ZH.

 

Brigadir ZH tak menyadari jika senjatanya jatuh dan dibawa kabur oleh dua orang pelajar.

 

Atas hilangnya senjata api miliknya itu, Brigadir ZH ditahan di Divisi Profesi dan Pengamanan (Ditpropam) Polda Sulteng untuk mempertanggungjawabkan keteledorannya.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/07/175438578/gagal-jual-senjata-api-curian-2-pelajar-sma-di-palu-malah-berurusan-dengan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke