Salin Artikel

Nelayan di Maluku Tengah Hilang Saat Melaut, Diduga Jatuh Saat Singgah di Rumpon

AMBON, KOMPAS.com - Seorang nelayan asal Kecamatan Nusa Laut, Kabupaten Maluku Tengah, Maluku, dilaporkan hilang saat pergi melaut.

Korban bernama Petrus Hukom (59). Ia dilaporkan hilang saat sedang singgah di sebuah rumpon pada Kamis (3/11/2023) malam.

Diduga, korban terjatuh dari atas rumpon karena kondisi cuaca laut yang buruk dan gelombang tinggi di perairan tersebut.

Yohanes, kerabat korban, mengatakan, korban sempat diminta bantuannya untuk menyalakan lampu di sebuah rumpon yang berada di lokasi tempat korban mencari ikan.

"Saat itu dia datang ke rumpon untuk menyalakan lampu tapi lampu sudah rusak tak bisa dinyalakan lagi, lalu dia hubungi ke pemilik rumpon kalau lampunya tak bisa menyala lagi," kata Yohanes kepada Kompas.com, Senin (6/11/2023).

Menurut Yohanes, beberapa saat kemudian pemilik rumpon kembali menghubungi korban, namun korban tak bisa dihubungi lagi.

Yohanes mengaku, saat korban pergi melaut, kondisi cuaca sedang tidak baik dan gelombang di laut sangat tinggi.

"Kondisi laut waktu itu memang sangat buruk," ujarnya.

Karena korban tak juga kembali, pihak keluarga yang merasa khawatir langsung melakukan pencarian.

Namun, korban tak juga ditemukan. Pihak keluarga dan masyarakat hanya menemukan perahu milik korban yang hanyut di sekitar perairan Pulau Haruku.

"Kita langsung cari tapi tak ketemu, yang ditemukan hanya perahu," ujarnya.

Kepala Kantor Basarnas Ambon Muhamad Arif Anwar mengatakan, pihaknya baru mendapatkan laporan adanya kejadian itu pada Minggu (5/11/2023).

Setelah mendapatkan laporan, tim SAR gabungan yang terdiri dari Basarnas, Polairud Polda Maluku dan personel Polsek Nusa Laut langsung melakukan operasi pencarian terhadap korban.

"Ini hari kedua operasi pencarian dilakukan," kata Arif kepada wartawan, Senin.

Ia menambahkan, pada operasi pencarian hari kedua, tim SAR gabungan bersama warga ikut mengerahkan satu unit rubber boat milik Basarnas dan empat unit longboat milik warga.

"Pencarian dilakukan di sekitar lokasi korban terjatuh hingga ke perairan Pulau Saparua," ujarnya.

Sejauh ini, kata dia, operasi pencarian korban belum membuahkan hasil.

"Korban belum ditemukan," katanya.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/06/150920878/nelayan-di-maluku-tengah-hilang-saat-melaut-diduga-jatuh-saat-singgah-di

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke