Salin Artikel

Kronologi KKB Tembak Warga di Puncak Jaya, Pelaku Pura-pura Beli Rokok

JAYAPURA, KOMPAS.com - Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) melakukan aksi penembakan di Distrik Mulia, Kabupaten Puncak Jaya, Papua Tengah, Selasa (31/10/2023) petang.

Akibatnya, Jermanto Simanjuntak (35) tewas setelah mengalami luka tembak di bagian rahang kanan.

Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo menjelaskan, dari keterangan saksi yakni istri korban bahwa sekitar pukul 18.50 WIT, ia dan korban sedang makan mendengar ada seorang yang tidak dikenal dan mengetuk kios milik korban.

“Saat itu, kios sudah tutup, namun pelaku tersebut mengetuk kios dengan maksud ingin membeli rokok,” ujarnya melalui keterangan tertulis, Selasa malam.

Setelah membuka pintu, pelaku langsung menodongkan senjata ke arah korban lalu menembaknya sebanyak satu kali.

“Korban mengalami luka tembak pada bagian rahang kanan,” ungkapnya.

Setelah melakukan aksinya pelaku langsung melarikan diri dan istri korban meminta pertolongan untuk membawa korban ke Rumah Sakit Mulia.

“Korban dibawa anggota Polres Puncak Jaya menuju RSUD Mulia untuk di ambil tindakan perawatan namun setelah dalam proses perawatan korban dinyatakan meninggal dunia,” tutur Benny.

Sebelumnya, Kepala Operasi Damai Cartenz 2023 Kombes Faizal Ramadhani mengungkapkan, situasi keamanan di Distrik Mulia sudah lama dalam kondisi kondusif setelah beberapa tahun lalu kerap menjadi sasaran aksi KKB.

"Kalau di Puncak Jaya terakhir April lalu, itu di Ilu. Tapi kalau di Mulia terakhir (ada penambakan) sekitar empat-lima tahun lalu," kata Faizal.

https://regional.kompas.com/read/2023/11/01/074308878/kronologi-kkb-tembak-warga-di-puncak-jaya-pelaku-pura-pura-beli-rokok

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke