Salin Artikel

Usai Tantang Guru Berkelahi, Siswa SMA di Barito Selatan Dikeluarkan dari Sekolah

KOMPAS.com - Usai video seorang siswa tantang gurunya viral, siswa SMA berinisial HK (16) dikeluarkan dari sekolahnya di Dusun Selatan, Barito Selatan, Kalimantan Tengah (Kalteng).

HK mendapatkan sanksi dikeluarkan dari sekolah usai proses mediasi antara siswa dan guru bersangkutan.

Kapolsek Dusun Selatan, Ipda H Tonie mengatakan, orangtua HK turut dihadirkan dalam mediasi yang didampingi oleh Unit Perlindungan Perempuan dan Anak (PPA) Polres Barito Selatan dan Polsek Dusun Selatan pada Jumat (27/10/2023).

"Kita hanya melakukan mediasi antarkedua belah pihak, karena hal tersebut berada di lingkungan sekolah, maka keputusan kita serahkan ke pihak sekolah," tutup Kapolsek.

Dikeluarkan dari sekolah

Terkini, HK dikabarkan telah mendapatkan sanksi berat berupa pengeluaran HK dari sekolah tersebut.

Kabar itu diungkapkan oleh Kapolres Barito Selatan, AKBP Yusfandi Usman melalui Ipda Tonie saat dihubungi TribunKalteng.com.

"Berdasarkan keterangan pihak sekolah, yang bersangkutan saat ini telah dikeluarkan dari sekolah sebagai sanksi bagi siswa tersebut," jelasnya pada Minggu (29/10/2023).

Lebih lanjut, menurut Ipda Tonie, HK telah melakukan kejadian serupa sebelumnya karena memiliki sifat yang tempramental.

“Akibatnya, pihak sekolah harus mengambil sanski tegas dengan mengeluarkan siswa HK dan menganjurkan yang bersangkutan untuk mengikuti paket C,” jelas Kapolsek Dusun Selatan.

Pada pelanggaran pertama, HK pernah mendapatkan surat peringatan (SP) dari pihak sekolah.

“Bahkan saat itu, HK dan orang tuanya sudah menyetujui dan menandatangani surat perjanjian agar yang bersangkutan tidak mengulangi perbuatannya tersebut,” ungkap Ipda Tonie.

Diberitakan sebelumnya, Sebelumnya, diberitakan HK menantang gurunya sendiri lantaran tidak terima saat ditegur untuk merapikan seragamnya.

Guru tersebut tampak tidak meladeni tantangan muridnya itu.

Namun, emosi murid tersebut makin menjadi sampai-sampai melepaskan seragamnya saat beradu mulut.

Ia bahkan menantang gurunya berkelahi di luar sekolah.

Video berdurasi 33 detik itu kemudian menjadi viral di media sosial setelah diunggah oleh akun Instagram @terangmedia, Kamis (26/10/2023).

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul Imbas Viral Tantang Gurunya Berduel, Siswa di Barito Dikeluarkan Pihak Sekolah, Sudah 2 Kali Berulah

https://regional.kompas.com/read/2023/10/30/063243878/usai-tantang-guru-berkelahi-siswa-sma-di-barito-selatan-dikeluarkan-dari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke