Salin Artikel

Dijanjikan Lulus Seleksi Polisi, Warga Labuhanbatu Tertipu Rp 580 Juta

MEDAN, KOMPAS.com - Warga Kabupaten Labuhanbatu, Sumatera Utara, bernama Parsono (50) menjadi korban penipuan bermodus bisa meluluskan anaknya seleksi polisi.

Korban kehilangan uang Rp 580 juta oleh si penipu berinisial SN.

Kasi Humas Polres Labuhanbatu, Iptu Parlando Napitupulu mengatakan, penipuan berawal pada Oktober 2020. Kala itu dia bertemu dengan SN melalui kenalan temannya.

Pertemuan dilakukan di rumahnya di Kelurahan Sioldengan, Kecamatan Rantau Selatan, Labuhanbatu.

Dalam perbincangan, korban bercerita bahwa anaknya sudah 2 kali gagal mengikuti seleksi penerimaan anggota Polri, dikarenakan tinggi badannya kurang.

"Mendengar keluhan korban, SN mengaku kenal dengan seseorang yang bisa meluluskan anak pelapor menjadi anggota Polri. Korban kemudian bertanya berapa biaya yang dibutuhkan. SN langsung meminta uang sebesar Rp 350 juta dan diberikan oleh korban," ujar Parlando dalam keterangannya, Jum'at (27/10/2023).

Selanjutnya pada 4 November atas permintaan SN, Parsono kembali menyerahkan uang Rp 100 juta.

"Setelah itu, korban beberapa kali menyerahkan uang kepada SN. Sehingga total uang yang sudah diserahkan baik secara langsung dengan tanda terima kuitansi dan melalui transfer bank sebesar Rp 580 juta,” ujar Parlando.

Nahas, ternyata anaknya gagal lulus seleksi kepolisian. Korban sempat bertanya ke SN soal ketidaklulusan anaknya itu, namun tidak mendapat kejelasan.

"Atas kejadian tersebut korban mengalami kerugian sebesar Rp 580 juta dan selanjutnya melaporkannya ke Mapolres Labuhanbatu,” ungkapnya.

Polisi akhirnya berhasil menangkap pelaku di Jalan Menteng Raya, Kelurahan Binjai, Kecamatan Medan Denai, Kota Medan, Rabu (25/10/23).

“Tersangka telah dibawa ke Mapolres Labuhanbatu dan telah diserahkan kepada penyidik pembantu. Adapun barang bukti dalam perkara ini yaitu 4 Lembar slip penyetoran BRI 8 lembar kwitansi asli, 14 lembar bukti transfer BRI dan rekening koran,” tutup Parlando.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/27/220849878/dijanjikan-lulus-seleksi-polisi-warga-labuhanbatu-tertipu-rp-580-juta

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke