Salin Artikel

Perempuan Beli Sayur di Pasar Tegalrejo Magelang Pakai Uang Palsu, Sempat Kabur Sebelum Ditangkap Warga

Kapolresta Magelang, AKBP Ruruh Wicaksono mengungkapkan kronologi berawal pada saat Pelaku membeli sayuran sebesar Rp 5.000 di tempat seorang perempuan pedagang sayuran bernama Sukini.

Seperti biasa, Pelaku membeli sayur dengan menggunakan uang palsu pecahan Rp 50.000.

Karena curiga, Sukini kemudian meneliti uang tersebut, dan menduga uang tersebut adalah uang rupiah palsu.

"Kemudian Sukini berteriak dan mengejar pelaku pembeli tadi. Kemudian pelaku diamankan oleh Slamet Riyanto (pedagang lain) dan dibawa ke rumahnya,” terang AKBP Ruruh pada keterangan resminya, Jumat (27/10/2023).

Pelaku yang diamankan oleh Slamet Riyanto dicurigai telah beberapa kali melakukan pembelian dengan menggunakan uang rupiah palsu di Pasar Tegalrejo, Kecamatan Tegalrejo, Kabupaten Magelang.

Setelah tertangkap warga, petugas kepolisian mendatangi lokasi, dan menginterogasi pelaku terkait dengan perbuatannya tersebut.

“Akhirnya Pelaku mengakuinya lalu menunjukkan lokasi penyimpanan uang rupiah palsu lainnya di rumahnya. Pelaku dan barang bukti dibawa ke Polresta Magelang untuk dilakukan pemeriksaan lebih lanjut,” lanjut AKBP Ruruh.

Setelah melakukan penggeledahan di rumah pelaku, ternyata ditemukan sejumlah uang palsu lainnya yang disimpan. Polisi kemudian, menyita uang palsu sebanyak Rp 950.000 dari rumah pelaku.

“Perbuatan pelaku ini telah melanggar Pasal 36 ayat (2) atau Pasal 36 ayat (3) UURI No. 7 tahun 2011 tentang Mata Uang dan atau Pasal 245 KUHP. Yaitu dengan sengaja mengedarkan dan atau menyimpan mata uang palsu, yang merugikan negara, dengan ancaman hukuman paling lama 15 tahun,” jelas AKBP Ruruh.

Ruruh mengimbau masyarakat untuk selalu berhati-hati dalam menerima uang kertas rupiah pecahan, selalu diteliti dengan cara 3D (dilihat, diraba, diterawang).

"Apabila mendapati tindak terkait pembuatan, penyimpanan, dan pengedaran uang palsu, segera melaporkan kepada pihak Kepolisian terdekat," tutup Kapolresta.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/27/063235178/perempuan-beli-sayur-di-pasar-tegalrejo-magelang-pakai-uang-palsu-sempat

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke