Salin Artikel

Terbujuk Rayuan Pria Mengaku Polisi, Perempuan di Palembang Tertipu Rp 158 Juta

Akibatnya, Sudayanti pun melaporkan kekasihnya, RM, yang mengaku sebagai polisi ke Polrestabes Palembang, Rabu (25/10/2023).

Sudaryanti semula berkenalan dengan terlapor RM lewat media sosial Facebook sejak beberapa bulan lalu.

Merasa komunikasi berjalan baik, ia dan RM pun memutuskan menjalin ikatan asmara meski belum bertemu.

RM pun menjanjikan akan menikahi Sudaryanti dalam waktu dekat. Rayuan itu berhasil sehingga korban jatuh ke dalam modus yang dilakukan pelaku.

“Kami juga sering komunikasi lewat WhatsApp, dia mengaku polisi dan berjanji akan menafkahi saya. Sehingga saya percaya,” kata Sudaryanti saat membuat laporan.

Setelah hubungan semakin dekat, RM membujuk Sudaryanti agar mengirimkan uang kepadanya untuk menjalankan bisnis kayu ilegal yang dijalankan terlapor.

Karena percaya, korban pun mengirimkan uang pertama sebesar Rp 10 juta. Pengiriman uang terus berlanjut lantaran terlapor mengaku akan mengganti uang milik korban.

Sampai akhirnya Sudaryanti tersadar bahwa uang yang diberikan telah mencapai Rp 158 juta.

“Saya sampai pinjam ke teman, kemudian curhat soal pacar saya, di situ saya baru sadar kalau sudah ditipu,” ujarnya.


Menurut Sudaryanti, pelaku RM beberapa kali menggunakan pakaian dinas lengkap polisi saat komunikasi lewat video call. Hal itu juga yang membuat korban percaya bahwa pelaku adalah polisi.

“Pernah video call dia lagi di hutan pakai pakaian dinas polisi, katanya lagi mengurus usaha bisnis kayu ilegal untuk dikirim ke Malaysia,” ungkapnya.

Laporan korban dengan nomor LP/B/2360/X/2023/SPKT/Polrestabes Palembang/Polda Sumsel saat ini telah diterima oleh Satreskrim Polrestabes Palembang.

“Laporannya masih kami selidiki,” singkat Kasat Reskrim Polrestabes Palembang AKBP Haris Dinzah.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/25/185212278/terbujuk-rayuan-pria-mengaku-polisi-perempuan-di-palembang-tertipu-rp-158

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke