Salin Artikel

Gibran Jadi Cawapres, FX Rudy Berharap Jokowi Netral

Hal ini, menyusul Putra Sulung Presiden Jokowi, Gibran Rakabuming Raka telah mencalonkan diri sebagai Calon Wakil Presiden (Cawapres) mendampingi Prabowo Subianto.

FX Rudy mengatakan harapannya itu berdasarkan pengalaman yang sudah dirasakannya saat melawan ketidakadilan.

"Saya tetap berharap, pak Jokowi akan tetap bertindak sesuai dengan Institusinya sebagai kepala negara," kata FX Rudy, saat ditemui di Pucang Sawit, Kota Solo, pada Rabu (25/10/2023).

"Kepala pemerintahan akan netral, dan tidak menggunakan kekuasaan untuk kepentingan tertentu. Walaupun anaknya maju berkompetisi," lanjutnya.

Selain itu, Mantan Wali Kota Solo ini pun meminta institusi lain, seperti TNI Polri dan Aparatur Sipil Negara (ASN) tetap netral sesuai aturan undang-undang untuk bersikap dan menjaga netralitas.

"Saya juga berharap semua institusi sebagai pejabat negara tugasnya untuk Kamtibmas (Keamanan dan ketertiban masyarakat). Kita jaga bareng pertahanan TNI, Polri, ASN netral betul. Jangan ada perlakuan yang khusus kepada salah satu calon, yuk kompetisi yang jurdil (Jujur dan adil)," katanya

FX Rudy juga mengucapakan selamat atas langkah yang diambil Gibran untuk maju sebagai cawapres.

"Saya selaku ketua DPC mengucapkan selamat kepada mas Gibran bisa mendaftar sebagai calon wakil presiden, doa saya positif selamat dan sukses," ujarnya.

Seperti diketahui Gibran bisa menjabat sebagai Wali Kota Solo atas rekomendasi Ketua Umum PDI-P Megawati Soekarnoputri. 

"Untuk itu, saya mohon sangat hargai dan hormati Mbak Mega dengan cara santun. Pertama, mengembalikan KTA ke DPC. Dan Kedua, membuat surat pengunduran diri dari PDI-P," kata FX Rudy.

Di sisi lain, FX Rudy menegaskan jika saat ini PDI-P fokus memenangkan Ganjar Pranowo dan Mahfud MD.

"Tetap, fokus menangkan Ganjar dan Mahfud, maju tak gentar karena ada Pak Ganjar, tidak takut karena ada Pak Mahfud," jelasnya

https://regional.kompas.com/read/2023/10/25/173540678/gibran-jadi-cawapres-fx-rudy-berharap-jokowi-netral

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke