Salin Artikel

Beredar Video Polisi di Rempang Bawa Parang, Disebut untuk Kawal Pengukuran Lahan

Kepala Kepolisian Galang Iptu Alex Yasral membantah polisi dalam video itu membawa senjata tajam untuk mengintidimasi warga. 

Polisi itu disebut sedang bertugas untuk membuka jalan saat ada kegiatan pengukuran lahan. 

”Polisi yang membawa parang memang anggota Polsek Galang dan parang tersebut dipergunakan untuk membuka jalan karena sedang pengawalan kegiatan PT MEG untuk melakukan pengukuran topografi, jadi bukan kegiatan pengukuran lahan,” kata Alex melalui pesan WhatsApp, Senin (23/10/2023).

"Guna parang yang dibawa anggota untuk membuka jalan, karena pengukuran topografi itu masuk hutan, dibawa untuk nebas rumput dan ilalang atau buka jalan," sambung Alex.

Alex mengatakan, pengukuran itu dilakukan pada Kamis (19/10/2023). Ada tiga polisi yang diterjunkan untuk membantu kegiatan tersebut. 

“Saya mengimbau masyarakat, khususnya masyarakat Kecamatan Galang, Batam, untuk tidak mudah percaya pada berita yang belum diketahui kebenarannya atau terhadap berita hoaks,” ungkap Alex.

Pernyataan senada disampaikan Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah Kepulauan Riau Kombes Zahwani Pandra Arsyad. 

Dia menegaskan, parang yang dibawa personelnya itu tidak bermaksud untuk menakuti warga, akan tetapi untuk membuka jalan ke lokasi pengukuran.

“Parang yang dibawa untuk membuka jalan ke lokasi pengukuran, jadi bukan untuk mengancam atau menakuti warga Pulau Rempang,” tegas Pandra.

Atas peristiwa ini, Pandra menyatakan, Kepolisian Daerah Kepulauan Riau akan mengevaluasi cara pengamanan di Pulau Rempang.

Kenyamanan warga bakal menjadi pertimbangan.

"Kami mohon maaf atas kejadian tersebut, sehingga membuat masyarakat Rempang tidak nyaman,” terang Pandra.

“Anggota polisi yang melakukan pengamanan kegiatan di Rempang ke depan diharuskan berkoordinasi serta melapor kepada tokoh masyarakat setempat seperti lurah, ketua RT RW setempat, hal itu untuk menghindari kejadian serupa terulang,” pungkas Pandra.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/23/161205078/beredar-video-polisi-di-rempang-bawa-parang-disebut-untuk-kawal-pengukuran

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke