Salin Artikel

Kronologi Kades di Muna Tewas Dibunuh Kakak Kandung, Ditikam Saat Kerja Bakti dengan Warga

KOMPAS.com - Seorang kakak kandung tega membunuh Kepala Desa Wadolao, La Ode Marula di Kecamatan Marobo, Kabupaten Muna, Sulawesi Tenggara, Selasa (17/10/2023).

Kasat Reskrim Polres Muna, AKP Asrun mengatakan, pelaku bernama La Ode Alimin nekat menikam adik kandungnya sendiri lantaran sakit hati kios miliknya terkena penertiban oleh perangkata desa.

“Status mereka ini saudara kandung (korban dan pelaku), saat itu kepala desa sedang kerja bakti bersama masyarakatnya untuk menertibkan pasar, pelaku La Ode Alimin sementara membuat kios,” ujar Asrun, Rabu (18/10/2023).

Kronologi

Saat kejadian, pelaku sedang mengerjakan papan untuk kios di dalam paar. Kemudian, adiknya datang sebagai Kades Wadolao menyampaikan bahwa kiosny terkena penertiban pelebaran jalan dan akan digeser.

Namun pelaku menolaknya, sehingga terjadi pertengkaran di antara kedua saudara kandung ini.

Saat terjadi pertengkaran, pelaku La Ode Alimin mencabut badik dari balik bajunya dan langsung melakukan penikaman terhadap korban berulang kali, sehingga korban jatuh tersungkur.

Bukannya berhenti, pelaku malah mengambil parang dan kembali melakukan pembacokan terhadap korban.

“Setelah terjadi pertengkaran terjadi penganiayaan yang dilakukan La Ode Alimin, mengakibatkan korban La Ode Marula ini meninggal dunia,” ujar Asrun.

Korban sempat dibawa ke Puskesmas Wasolangka, namun nyawa korban sudah tidak tertolong lagi.

Sementara itu, pelaku La Ode Alimin langsung menyerahkan diri ke polisi.

“Sementara ini kami masih melakukan proses penyidikan (lebih dalam) terhadap kasus ini,” ucap Asrun.

Pelaku La Ode Alimin dengan adiknya memang telah lama berselisih, sejak saat pelaku saat itu menjabat sebagai Kades Wadolao.

Beberapa kali terjadi konflik, namun didamaikan oleh kedua orangtuanya. Kemudian, pada pemilihan kepala desa serentak pada akhir 2022 lalu, La Ode Alimin kembali maju sebagai calon Kades dan adiknya juga ikut mengajukan diri dan menang.

Selepas menjabat kades, konflik kedua saudara kandung ini masih tetap berlanjut.

Salah satunya, istri pelaku La Ode Alimin yang menjabat sebagai Kepala PAUD di desa, diturunkan oleh Marula, sehingga keduanya kembali berselisih namun tidak sampai berkontak fisik.

Saat ini pelaku La Ode Alimin ditahan di Mapolres Muna. Ia diancam Pasal 338 KUHP dengan hukuman penjara seumur hidup atau maksimal 20 tahun.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/19/123812278/kronologi-kades-di-muna-tewas-dibunuh-kakak-kandung-ditikam-saat-kerja

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke