Salin Artikel

Presiden Joko Widodo Nonton Langsung Balap MotoGP Mandalika 2023

LOMBOK TENGAH, KOMPAS.com - Presiden Joko Widodo akan hadir pada pembukaan Pertamina Grand Prix Of Indonesia 2023, di Sirkuit Mandalika, Minggu (15/10/2023). 

"Secara umum dijadwalkan Bapak Presiden besok hadir sesaat sebelum MotoGP berlangsung. Jadi beliau akan mendarat langsung ke sirkuit untuk langsung membuka ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia," kata Direktur Utama MGPA Priandi Satria, di Mandalika, Sabtu (14/10/2023). 

Setelah mendarat di Mandalika, Presiden akan langsung menuju pit lane untuk menyaksikan secara langsung pembukaan Pertamina Grand Prix Of Indonesia 2023 yang akan dimeriahkan parade dan tari-tarian. 

"Setelah pembukaan opening akan ada lagu Indonesia Raya yang dinyanyikan oleh Putri Aryani, kemudian balapnya dimulai," kata Priandi. 

Presiden Jokowi akan menyaksikan balapan MotoGP langsung bersama beberapa menteri kabinet. 

"Setelah balap selesai Bapak presiden akan memberikan piala untuk juara Moto GP 1,2 dan 3," kata Priandi. 

Selain balapan MotoGP, penonton juga bisa menyaksikan Jupiter Air Ahow yang akan terbang di langit Mandalika. 

Pertumbuhan ekonomi

Priandi mengatakan, keberadaan Sirkuit Mandalika yaitu untuk menciptakan pertumbuhan ekonomi di daerah sebelah kanan Indonesia. 

"Tahun lalu dampak ekonomi yang dihasilkan berdasarkan studi dari Litbang Kompas dengan Bank Indonesia mencapai 800 milliar untuk NTB dan hampir 4,5 triliun di Indonesia. Tanpa adanya ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia tentunya pemerintah tidak bisa memutarkan 800 miliar di sini," kata Priandi. 

https://regional.kompas.com/read/2023/10/14/181249878/presiden-joko-widodo-nonton-langsung-balap-motogp-mandalika-2023

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke