Salin Artikel

Wujudkan UHC, Syamsuar Bersama BPJS Kesehatan Luncurkan JK2M di Kampar

KOMPAS.com - Gubernur Riau Syamsuar bersama Bupati Kampar M Firdaus dan Deputi Direksi Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Kesehatan Wilayah II Eddy Sulistijanto meluncurkan Jaminan Kesehatan Kampar Melaju (JK2M) sebagai salah satu upaya mewujudkan universal health coverage (UHC) di Kabupaten Kampar.

Lewat program tersebut, masyarakat di Kabupaten Kampar bisa berobat secara gratis karena seluruh biayanya telah ditanggung pemerintah.

"Program ini sebagai wujud komitmen pemerintah memberikan perlindungan sosial kesehatan bagi masyarakat di Kabupaten Kampar," kata Syamsuar dalam siaran pers yang diterima Kompas.com, Jumat (13/10/2023).

Untuk diketahui, dari 6,64 juta penduduk di Provinsi Riau, 5,58 di antaranya sudah terdaftar sebagai peserta Jaminan Kesehatan Nasional (JKN).

Pada 2020, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Riau telah meningkatkan tanggungan biaya kesehatan masyarakat hingga 55 persen. Dengan demikian, pemerintah kabupaten/kota hanya perlu menanggung 45 persen dana kesehatan untuk masyarakat miskin di daerah masing-masing.

"Program ini kami jalankan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang optimal bagi masyarakat yang terhambat finansial," ucap Syamsuar.

Sementara itu, Penjabat (Pj) Bupati Kampar M Firdaus menjelaskan, program JK2M ditujukan untuk masyarakat miskin dengan status Kartu Tanda Penduduk (KTP) Kampar dan belum memiliki jaminan kesehatan.

"Nantinya, fasilitas rawat inap yang diberikan adalah fasilitas kelas III," terang Firdaus.

Pada kesempatan itu, Firdaus mengatakan, pencapaian UHC di Kabupaten Kampar diperoleh berkat dukungan Pemprov Riau, terutama Gubernur Syamsuar.

"Terima kasih kepada Pak Gubernur dan seluruh jajaran Pemprov Riau atas bantuan dan dukungannya untuk Kabupaten Kampar," ujar Firdaus.

Dalam kesempatan tersebut, dilaksanakan pula telewicara bersama masyarakat di Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Bangkinang. Salah satu warga Kampar merespons positif program berobat gratis tersebut.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/13/161312978/wujudkan-uhc-syamsuar-bersama-bpjs-kesehatan-luncurkan-jk2m-di-kampar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke