Salin Artikel

Polisi Sebut Puluhan Siswa SD di Purwokerto Terkena Gas Air Mata dari Mako Brimob yang Terbawa Angin

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Puluhan siswa SD di Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, diduga terkena gas air mata yang terbawa angin.

Pasalnya, lokasi SD dan lokasi latihan bersama personel polisi di Mako Brimob tersebut berdekatan.

"Sebetulnya (kegiatan latihan bersama) ini sudah sering, tadi juga sudah koordinasi dengan sekolah, baru kali ini terjadi," kata Kapolresta Banyumas Kombes Edy Suranta Sitepu saat memberikan keterangan di mapolresta, Jumat (13/10/2023).

Edy mengatakan, lokasi latihan di lapangan Mako Brimob dengan SD di sisi selatannya tersebut hanya berjarak sekitar 300 meter.

"Kemungkinan terbawa angin. Tapi ini jadi bahan evaluasi kami, pelatihan akan dipindahkan ke tempat lain yang lebih aman," ujar Edy.

Edy menjelaskan, salah satu materi latihan yang dilakukan adalah penggunaan gas air mata.

Diberitakan sebelumnya, puluhan siswa SD Negeri 1 Purwanegara, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, diduga terkena gas air mata, Jumat (13/10/2023).

Total ada sekitar 40 siswa yang mengeluh matanya pedih dan sebagian dada sesak. Lima di antaranya sempat dibawa ke puskesmas, namun kini telah dipulangkan.

Kapolresta juga telah meminta maaf atas kejadian itu. Polisi akan memantau kondisi para siswa yang terkena gas air mata.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/13/160153178/polisi-sebut-puluhan-siswa-sd-di-purwokerto-terkena-gas-air-mata-dari-mako

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke