Salin Artikel

Videonya Pernah Viral karena Rusak Berat, Jalan Raya "Roro Jongrang" Lampung Kini Dibeton

Jalan ini sempat disebut dengan nama "Jalan Raya Roro Jongrang" lantaran rusak parah dan diperbaiki dalam semalam saat Presiden Joko Widodo (Jokowi) berkunjung ke Lampung pada Mei 2023.

Gubernur Lampung Arinal Djunaidi mengatakan, jalan sepanjang 55 kilometer itu telah selesai diperbaiki sekitar 60 persen.

Menurutnya, prioritas perbaikan jalan di Kabupaten Lampung Tengah ini mencakup dua ruas, yakni ruas Kota Gajah - Simpang Randu dan ruas Simpang Randu - Seputih Surabaya.

Ruas tersebut adalah 2 dari 14 ruas prioritas di seluruh provinsi dengan total panjang ruas kurang lebih 55 kilometer. Total yang dibangun sepanjang 33,41 kilometer.

"Total yang sudah diperbaiki mencapai 33,4 kilometer dari keseluruhan ruas jalan sepanjang 55 kilometer," kata Arinal dalam keterangan tertulis, Jumat (13/10/2023).

Dia sendiri sempat melakukan inspeksi proses perbaikan jalan di dua ruas itu pada Kamis (12/10/2023).

Dari hasil inspeksi itu diketahui bahwa jalan itu menggunakan struktur rigid beton agar bisa lebih bertahan lama.

"Insya Allah bisa tahan lama. Tapi saya juga minta masyarakat untuk turut menjaga jalan provinsi ini," katanya.


Sementara itu, Pelaksana harian (Plh) Kadis Bina Marga dan Bina Konstruksi (BMBK) Lampung M Taufiqullah mengatakan, khusus untuk dua ruas ini diperkirakan akan selesai pada Desember 2023.

"Progres perbaikan jalan di ruas ini didanai APBD sudah hampir 100 persen. Tinggal pekerjaan bahu jalan dan perapihan. Sedangkan yang didanai APBN masih berkisan 40 persen," kata Taufiqullah.

Dia menambahkan, target perbaikan seluruh ruas jalan itu akan selesai pada Desember 2023 mendatang.

"Insya Allah semuanya akan selesai pada Desember 2023 ini," katanya.

Diberitakan sebelumnya, video mengenai jalan di Lampung Tengah pernah viral lantaran kerusakan yang parah selama bertahun-tahun.

Rencana kedatangan Presiden Joko Widodo ke sejumlah lokasi di Lampung pada Mei 2023 pun membuat "keajaiban" terjadi.

Terlebih di ruas jalan rusak di Simpang Randu - Gaya Baru serta wilayah seputar Kecamatan Rumbia, Kabupaten Lampung Tengah.

Jalan lintas tersebut sebelumnya telah bertahun-tahun rusak parah. Namun, sejak rencana kedatangan Presiden Joko Widodo berembus, perbaikan supercepat dilakukan Pemerintah Provinsi (Pemprov) Lampung.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/13/132420178/videonya-pernah-viral-karena-rusak-berat-jalan-raya-roro-jongrang-lampung

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke