Salin Artikel

Puluhan Siswa SD Purwanegara Purwokerto Diduga Kena Gas Air Mata dari Latihan Polisi

PURWOKERTO, KOMPAS.com - Puluhan siswa SD Negeri 1 Purwanegara, Purwokerto, Kabupaten Banyumas, Jawa Tengah, diduga terkena gas air mata, Jumat (13/10/2023).

Mereka diduga terkena gas air mata dari kegiatan latihan personel polisi di Mako Brimob yang lokasinya bersebelahan dengan SD.

Salah satu wali murid kelas 4A, Sumarwoto mengatakan, mengetahui peristiwa itu setelah pihak sekolah memulangkan siswa lebih awal pada pukul 10.00 WIB.

"Setelah pulang, anak saya mengeluhkan matanya pedih dan dada sesak. Kemudian saya bawa ke puskesmas," kata Sumarwoto saat ditemui di lokasi, Jumat.

Sumarwoto mengatakan, total ada lima siswa yang dibawa ke puskesmas. Namun seluruhnya telah diperbolehkan pulang ke rumah masing-masing.

Wali Kelas 4A, Pascalis Adi menjelaskan, ada sekitar 40 siswa yang mengeluh pedih pada mata dan hidung. Mereka terdiri dari siswa kelas 4A, 4B dan sebagian 3B

Usai kejadian, kata Adi, polisi telah mendatangi sekolah untuk meminta maaf atas peristiwa itu.

"Polisi sedang latihan, tapi mungkin ada angin jadi terkena dampak, ini di luar dugaan. Personel polresta lagi latihan, pelatihnya dari Brimob," jelas Adi.

Ketika dikonfirmasi, Kasi Humas Polresta Banyumas AKP Siti Nurhayati membenarkan ada kegiatan latihan personel polisi.

Namun, untuk informasi lebih lanjut, nanti dari Brimob yang akan memberikan penjelasan terkait peristiwa itu.

"Nanti Komandan Kompi Brimob yang akan menjelaskan," kata Siti.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/13/132327178/puluhan-siswa-sd-purwanegara-purwokerto-diduga-kena-gas-air-mata-dari

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke