Salin Artikel

Sirkuit Mandalika Lolos Grade A Homologasi FIM

LOMBOK TENGAH, KOMPAS.com - Pertamina Mandalika International Circuit atau Sirkuit Mandalika dinyatakan lolos proses homologasi dengan grade A dari pihak Federation Internationale de Motocyclisme (FIM) dan Dorna.

Dengan grade A tersebut, Sirkuit Mandalika dinyatakan sah dan layak untuk menggelar Grand Prix of Indonesia atau MotoGP seri ke-15.

"Setelah FIM didampingi Dorna, MGPA, MotoGP Race Director dan berbagai pihak terkait lainnya melakukan track-inspection, maka pada hari Kamis sore tadi pulul 17.00, Pertamina Mandalika International Circuit telah mendapatkan homologasi FIM Grade-A,” ungkap Direktur Utama MGPA Priandhi Satria dalam keterangan resminya, Kamis (12/10/2023).

Andi, sapaan akrab Priandhi Satria, menyampaikan, usaha dan kerja keras semua pihak yang mengantarkan Sirkuit Mandalika lolos homologasi.

"Grade A adalah grade tertinggi yang dimiliki FIM, ini berarti Pertamina Mandalika International Circuit sudah layak untuk dijadikan tempat pagelaran ajang Pertamina Grand Prix of Indonesia 2023 (Indonesian MotoGP) 13 - 15 oktober 2023," kata Andi.

Sebelumnya, Andi menyebut, kebersihan lintasan Sirkuit Mandalika, Lombok, Nusa Tenggara Barat, diacungi jempol oleh FIM.

Pihaknya telah melakukan pencucian lintasan Sirkuit Mandalika sebanyak dua kali.

"Kita lakukan pencucian itu dua kali pada Senin (2/10/2023) dan Kamis (5/10/2023) kemarin. Seluruh trek disiram dan dicuci menggunakan mobil pencucian aspal milik MGPA," kata Andi.

Pembersihan trek tersebut untuk menjamin kenyamanan dan keamanan para pebalap yang berpacu kecepatan di Sirkuit Mandalika yang panjangnya 4,3 kilometer.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/13/074741278/sirkuit-mandalika-lolos-grade-a-homologasi-fim

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke