Salin Artikel

Masuk Ilegal ke Indonesia untuk Beli Motor, 4 WN Timor Leste Diamankan

KUPANG, KOMPAS.com - Tim gabungan dari Kepolisian Resor (Polres) Belu dan Imigrasi Kelas II Atambua, Belu, Nusa Tenggara Timur (NTT), mengamankan empat warga negara Timor Leste yang kedapatan memasuki wilayah Indonesia secara ilegal.

"Empat orang ini diamankan ketika mencoba memasuki Indonesia tanpa dokumen resmi, kemarin," kata Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Kepolisian Daerah NTT Komisaris Besar Polisi Ariasandy kepada Kompas.com, Jumat (13/10/2023).

Ariasandy menuturkan, awalnya polisi menerima informasi dari Imigrasi terkait keberadaan empat warga Subdistrik Tilomar, Distrik Kobalima, Timor Leste, yang masuk ke wilayah Atambua, ibu kota Kabupaten Belu.

Menerima laporan itu, anggota Satuan Intelkam Polres Belu bersama Kepala Sub Seksi Intelijen Keimigrasian mengecek lokasi yang diduga menjadi tempat persinggahan warga Timor Leste itu.

Polisi pun memergoki mereka di wilayah Atambua. Mereka tak berkutik ketika ditangkap polisi dan Imigrasi.

"Empat warga Timor Leste ini nekat masuk ke Indonesia dengan tujuan membeli sepeda motor yang nantinya akan dibawa secara ilegal ke Timor Leste melalui jalur Fatumean, Distrik Kovalima, yang berbatasan dengan wilayah Laktutus, kecamatan Nanaet Duabesi, Kabupaten Belu," ungkap Ariasandy.

Setelah interogasi, keempatnya mengaku masuk lewat jalur tikus di wilayah Laktutus dan menggunakan jasa ojek menuju Atambua.

Setelah tiba di Atambua, mereka berkeliling di kota, mencari makan, dan menginap di Hotel Paradiso.

Yoseph Paulo De Neri, satu dari empat warga negara Timor Leste, sudah dua kali masuk melalui jalur yang sama sebelumnya dan membawa sepeda motor.

"Namun, kali ini mereka berhasil diamankan oleh tim gabungan kepolisian dan Imigrasi," kata dia.

Ariasandy mengatakan, empat warga Timor Leste ini akan diproses sesuai undang-undang keimigrasian Indonesia dengan harapan mereka akan segera dideportasi kembali ke negaranya.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/13/061623578/masuk-ilegal-ke-indonesia-untuk-beli-motor-4-wn-timor-leste-diamankan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke