Salin Artikel

Tanggapi Gibran Diundang Konsolidasi Gerindra, FX Rudy: Sebagai Kepala Daerah Sah-sah Saja

Mereka mengundang putra sulung Presiden Jokowi sebagai kepala daerah.

"Ya sebagai tuan rumah, sebagai kepala daerah sah-sah saja mau diundang partai manapun. Tidak ada persoalan itu. Itu kan protokoler pemerintahan toh," kata FX Rudy kepada wartawan di Solo, Jawa Tengah, Selasa (10/10/2023).

Mantan wali kota Solo inipun mencontohkan, seperti saat dirinya menjabat pernah diundang untuk hadir dalam acara partai politik (parpol) lain, terlepas sebagai ketua partai di Solo.

"Saya dulu juga diundang Golkar, diundang PPP, diundang partai-partai yang mengundang selama saya bisa datang, saya datang," terang dia.

Rudy mengatakan, kedatangannya dalam konsolidasi partai politik tersebut atas nama kepala daerah. Sehingga sambutan yang disampaikan juga atas nama kepala daerah atau wali kota.

Begitu juga dengan Gibran. Sambutan yang disampaikan nanti dalam konsolidasi Partai Gerindra sebagai kepala daerah atau wali kota.

"Lha sama toh kalau partai ngundang saya pasti konsolidasi. Kosolidasikan protokolernya lagu pembukaan Indonesia Raya, mengheningkan cipta, lantas dilanjutkan mars dari partai itu sendiri, hymne, doa baru sambutan-sambutan. Mestinya Mas Wali sambutan sebagai kepala daerah, sebagai wali kota," kata Rudy.

Tidak berbeda dengan Presiden Jokowi. Ketika diundang partai politik, Presiden Jokowi hadir sebagai kepala negara.

"Sama Pak Jokowi menghadiri rakernas PDI-P, munasnya Golkar, rakernas PAN dan sebagainya itu sah sebagai kepala negara, kepala pemerintahan. Dan undang-undangnya kan melindungi, melayani, sehingga partai manapun yang mengundang Mas Wali Kota, Mas Gibran selaku kepala daerah sudah ada aturannya," ungkap Rudy.

Sebelumnya, Ketua DPC Partai Gerindra Solo, Ardianto Kuswinarno menemui Wali Kota Solo, Gibran Rakabuming Raka di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa (10/10/2023).

Selain bersilaturahmi, pertemuan tersebut sekaligus untuk mengundang putra sulung Presiden Jokowi hadir dalam konsolidasi daerah Partai Gerindra se-Jawa Tengah untuk Pilpres 2024 di Sukoharjo pada Minggu (15/10/2023).

Ketua Umum (Ketum) Partai Gerindra sekaligus Bakal Calon Presiden (Bacapres) Prabowo Subianto dijadwalkan hadir dalam konsolidasi daerah.

Ardianto menjelaskan, alasan mengundang Gibran yang notabene-nya bukan merupakan kader Partai Gerindra.

"Kan beliau kepala daerah. Nanti banyak yang akan kita bicarakan dengan beliau. Ya macam-macam," kata Ardianto ditemui di Balai Kota Solo, Jawa Tengah, Selasa.

Konsolidasi daerah tersebut apakah juga akan membicarakan Gibran sebagai bakal cawapres Prabowo, kata Ardianto, banyak pengurus daerah yang menginginkan Gibran untuk mendampingi Prabowo di Pilpres 2024.

Kendati demikian, Mahkamah Konstitusi (MK) sampai saat ini belum memutus mengenai batas usia capres dan cawapres.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/10/173807378/tanggapi-gibran-diundang-konsolidasi-gerindra-fx-rudy-sebagai-kepala-daerah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke