Salin Artikel

Turis China yang Hilang di TN Komodo Belum Ditemukan, Operasi SAR Ditutup

LABUAN BAJO KOMPAS.com - Pencarian wisatawan asal China bernama Yi Liu (27) yang hilang di Long Pink Beach Taman Nasional Komodo, Lahuan Bajo, Kabupaten Manggarai Barat, Nusa Tenggara Timur (NTT) sejak Selasa (3/10/2023) hingga Senin (9/10/2023) belum membuahkan hasil.

Kepala Basarnas Maumere Supriyanto Ridwan mengatakan, pencarian terhadap wisatawan China itu pada hari ketujuh masih nihil. Karena itu, pencarian dihentikan dan korban dinyatakan hilang.

“Proses pencarian korban kami tutup di hari ketujuh, sebab sudah tidak efektif lagi," kata Ridwan dalam keterangan tertulis yang diterima, Senin sore.

Ia menyebut, tanda-tanda penemuan korban sudah sangat kecil. Namun apabila di lain hari korban ditemukan, maka operasi SAR akan kembali dibuka kembali.

Ia menerangkan, penutupan operasi SAR hari ke tujuh itu berdasarkan pada undang-undang pelaksanaan pencarian dan pertolongan sesuai No.29 Tahun 2017 Pasal 34 bahwa pelaksanaan pencarian dan pertolongan dilaksanakan dalam jangka waktu paling lama 7 hari.

Sebelumnya wisatawan bernama Yi Liu (27) dikabarkan hilang di sekitar perairan pantai Pink Beach Labuan Bajo, Selasa (3/10/2023).

Yi Liu dikabarkan hilang sejak pukul 10.00 Wita. Ia datang ke Pink Beach Labuan Bajo bersama rombongan untuk berwisata. Berdasarkan kronologi yang didapatkan dari Kapten Kapal Wisata Qifadzah 03, bahwa sekitar pukul 08.30 Wita Kapal Wisata Qifadzah 03 yang membawa korban dan rombongan tiba di mooring Pink Beach.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/09/203407778/turis-china-yang-hilang-di-tn-komodo-belum-ditemukan-operasi-sar-ditutup

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke