Salin Artikel

Terkepung Kabut Asap, Nelayan Anambas yang Dilaporkan Hilang Ditemukan Selamat

BATAM, KOMPAS.com – Amin (38), nelayan Desa Air Biru, Jemaja Kabupaten Kepulauan Anambas, Kepulauan Riau (Kepri) yang sempat dilaporkan hilang oleh keluarganya akhirnya berhasil ditemukan.

Amin berserta pompongnya ditemukan terombang-ambing oleh Isad, Nelayan Jemaja yang saat itu sedang melaut di sekitar perairan Pulau Pahat, Kabupaten Anambas, Kepri, Minggu (8/10/2023) sore kemarin.

“Pak Amin ditemukan pada koordinat 3°19’33.30"N 106° 4’10.90"E atau sejauh 60 Nautical Miles (NM) ke arah Timur Laut dari lokasi awal dirinya melaut di perairan Pulau Damar, Kecamatan Jemaja, Kabupaten Anambas,” kata Kepala Kantor SAR Natuna, Abdul Rahman melalui pesan WhatsApp, Senin (9/10/2023).

Rahman mengatakan, Amin sempat dinyatakan hilang karena tersesat saat hendak pulang ke darat. Sebab jarak pandang di sekitar perairan Anambas cukup pendek akibat diselimuti kabut asap kiriman dari Kalimantan Barat (Kalbar).

“Ternyata pak Amin ini tersesat akibat kabut asap kiriman yang cukup tebal menyelimuti perairan Anambas,” terang Rahman.

“Karena pendeknya jarak pandang, membuat Pak Amin kehilangan arah dan terpisah dari rekan-rekannya,” tambah Rahman.

Rahman mengatakan, Amin berhasil ditemukan setelah adanya upaya koordinasi yang baik antara pelapor maupun pihak keluarga korban bersama TNI dan Polri dan para nelayan setempat.

“Kami berterima kasih atas peran serta dukungan dan upaya bersama seluruh pihak untuk peristiwa pencarian dan pertolongan ini. Semoga menjadi amal baik bagi kita semua dan senantiasa diberikan kemudahan di dunia,” terang Rahman.

Rahman mengimbau agar para nelayan di Kepri tetap waspada terkait kabut asap yang saat ini sedang melanda perairan Kepri, khususnya di Perairan Natuna, Anambas dan sekitarnya.

“Life jacket selalu dibawa, dan kalau bisa membawa senter lampu halogen, karena cahaya yang dihasilkan dari lampu Hologen dapat menembus tebalnya kabut asap,” pungkas Rahman.

Sebelumnya peristiwa ini terjadi setelah Amin, nelayan Desa Air Biru dan beberapa rekannya berbeda pompong pergi melaut di sekitar perairan Pulau Damar.

Namun nahas, karena tebalnya kabut asap membuat Amin terpisah dari teman-temannya.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/09/152517478/terkepung-kabut-asap-nelayan-anambas-yang-dilaporkan-hilang-ditemukan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke