Salin Artikel

Pj Bupati: Banjir Aceh Utara Kiriman dari Bener Meriah

ACEH UTARA, KOMPAS.com – Penjabat Bupati Aceh Utara, Mahyuzar, mengklaim banjir di Kabupaten Aceh Utara merupakan banjir kiriman dari Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh.

Selain itu, sungai di Aceh Utara juga dangkal mengakibatkan air meluber ke pemukiman penduduk.

Solusinya, pemerintah segera mengusulkan ke Pemerintah Aceh terkait normalisasi sungai untuk mengatasi banjir yang sering terjadi di daerah setempat.

"Banjir ini karena kiriman dari Bener Meriah. Hujan di sana, mengalirnya ke sungai di Aceh Utara. Ada beberapa sungai mati harus dikeruk kembali serta dilakukan normalisasi," kata Pj Bupati Aceh Utara, Mahyuzar kepada wartawan, Sabtu (7/10/2023).

Selain itu, membangun jembatan yang melintas area sungai. Dia mencontohkan, jembatan di Simpang Parang XI, Matang Kuli Aceh Utara sudah rendah.

Sehingga kayu tersangkut dan aliran air tidak lancar.

"Ini kan alirannya terhalang, jadi solusi yang harus dilakukan pembangunan jembatan pengganti yang lebih tinggi," beber dia.

Sementara itu, warga Desa Parang Sikureung, Kecamatan Matangkuli, Aceh Utara, Dahari, menyebutkan sore ini banjir mulai surut.

“Sudah cenderung surut banjir hari ini. Namun masih ada di halaman warga. Namun warga sudah tidak mengungsi,” pungkasnya.

Sebelumnya diberitakan, banjir merendam tiga kecamatan yaitu Kecamatan Pirak Timu, Matangkuli dan Kecamatan Tanah Luas, Aceh Utara.

Ratusan warga mengungsi. Belum ada data kerusakan akibat banjir yang dilansir Pemerintah Kabupaten Aceh Utara.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/08/144033678/pj-bupati-banjir-aceh-utara-kiriman-dari-bener-meriah

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke