Salin Artikel

Kekeringan di Sikka, 26.500 Liter Air Bersih Didistribusikan ke 2 Desa

Kedua desa itu, yakni Desa Wuliwutik, Kecamatan Nita dan Desa Bura Bekor, Kecamatan Bola, Kabupaten Sikka.

"Penyaluran bantuan air bersih ini kita laksanakan kemarin, totalnya ada 26.500 liter air bersih," ujar Kapolres Sikka AKPB Hardi Dinata dalam keterangannya, Kamis (5/10/2023).

Hardi mengatakan kegiatan ini merupakan salah satu wujud nyata kepedulian Polri untuk membantu masyarakat yang mengalami krisis air bersih.

Terlebih, lanjut Hardi, ia mendapat informasi bahwa warga Dusun Klotong, Desa Bura Bekor memanfaatkan air dari pohon pisang untuk dikonsumsi.

"Saya berharap bantuan air bersih ini bisa dimanfaatkan secara baik oleh warga. Semoga ke depan Polres Sikka bisa memberikan bantuan serupa kepada warga yang membutuhkan," ujarnya.

Diberikan sebelumnya warga Dusun Klotong, Desa Bura Bekor, terpaksa mengonsumsi air dari batang pisang untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

Kondisi ini telah berlangsung sejak Agustus 2023. Tidak ada pilihan bagi warga, sebab air tangki yang mereka beli telah habis terpakai. Apalagi di wilayah itu tidak memiliki sumber mata air.

"Kita mau beli air tangki, tapi ekonomi yang pas-pas tidak cukup untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari. Apalagi satu tangki ukuran 5000 liter harganya Rp 250.000," ungkap Yoseph Rizal (32), warga Dusun Klotong saat dihubungi, Rabu (4/10/2023).

Yoseph menuturkan, untuk mendapat air dari pohon pisang bukan perkara mudah. Saban hari mereka mencari pohon pisang segar di sekitar rumah dan kebun.

Setelah dapat, pohon pisang itu ditebang, lalu dilubangi untuk menampung air. Kemudian dibiarkan seharian agar air bisa tertampung.

Yoseph mengungkapkan wilayah itu tidak memiliki sumber mata air. Selama ini untuk kebutuhan sehari-hari mereka memanfaatkan air tadah hujan.

"Tapi kalau musim kemarau seperti sekarang ini kami susah. Kami tidak ada air, terpaksa manfaatkan pohon pisang dari kebun dan di sekitar pekarangan rumah," pungkasnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/05/154832578/kekeringan-di-sikka-26500-liter-air-bersih-didistribusikan-ke-2-desa

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke