Salin Artikel

4 Hari Terbakar, Api di Kawasan Hutan Way Kambas Padam

LAMPUNG, KOMPAS.com - Puluhan hektar kawasan hutan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) yang terbakar sejak Senin (2/10/2023) berhasil dijinakkan setelah empat hari pemadaman.

Petugas masih berada di lokasi untuk memadamkan bara api yang tertinggal di bagian bawah lahan gambut di hutan tersebut.

Humas Balai TNWK Sukatmoko mengatakan, pemadaman terus dilakukan hingga hari ini, Kamis (5/10/2023) di kawasan Seksi III Kuala Penet tersebut.

"Iya mengalami kebakaran sejak Senin kemarin. Hari ini sudah mulai padam, tapi masih ada bara api di bagian rawa," katanya saat dihubungi, Kamis siang.

Dia mengatakan kebarakan itu terjadi bukan di zona inti. Melainkan di wilayah terbuka dengan vegetasi tanaman ilalang dan semak.

Hingga kini petugas pemadam gabungan masih berada di lokasi untuk memastikan kebakaran teratasi.

Menurutnya, lahan yang terbakar itu berupa lahan gambut dan rawa yang mengering. Sehingga masih ada sisa pembakaran di lapisan bawah.

"Bagian bawah masih ada yang terbakar meski tidak seperti di permukaan," katanya.

Sukatmoko mengatakan akibat lapisan bawah itu masih terbakar, timbul kepulan asap meskipun tidak setebal yang terjadi di Sumatera Selatan (Sumsel) ataupun di Kalimantan.

"Ada asap, tetapi di lahan itu tidak sedalam lahan gambut di Sumsel atau Kalimantan, jadi tidak terlalu tebal asapnya," kata Sukatmoko.

Untuk pemadaman tersebut, sebanyak 70 personel gabungan diterjunkan yang terdiri dari TNI - Polri, Polisi Hutan hingga mitra Balai TNWK.

Diberitakan sebelumnya, kawasan hutan Taman Nasional Way Kambas (TNWK) Lampung Timur mengalami kebakaran seluas hingga 200 hektare dalam kurun waktu dua bulan terakhir.

Kebakaran hutan tersebut menimbulkan korban berupa satwa-satwa kecil penghuni hutan.

Humas Balai TNWK Sukatmoko mengatakan dari data yang dihimpun kebakaran tersebut terjadi di sekitar enam titik di dalam kawasan hutan.

Menurutnya luas lahan yang hingga hari ini mengalami kebakaran mencapai luas 200 hektare.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/05/152437978/4-hari-terbakar-api-di-kawasan-hutan-way-kambas-padam

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke