Salin Artikel

Biaya Pengobatan Warga yang Digigit Komodo Ditanggung Asuransi

LABUAN BAJO, KOMPAS.com - Ratna (46), warga Desa Pasir Panjang, Kecamatan Komodo, Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur, digigit komodo pada Senin (2/10/2023). Hingga kini, Rabu (4/10/2023), Ratna masih menjalani perawatan intensif di Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo.

Kepala Balai Taman Nasional Komodo Hendrikus Rani Siga menjelaskan, seluruh biaya perawatan Ratna ditanggung Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS).

"BTNK juga memberikan santunan," ujar Hendrikus saat dikonfirmasi, Rabu.

Ia pun berharap, korban lekas sembuh agar bisa beraktivitas kembali seperti biasa.Ia juga berharap peristiwa serupa tidak terulang lagi.

"Kami juga akan terus melakukan sosialisasi dan penyuluhan kepada masyarakat agar selalu waspada dengan komodo," imbuhnya.

Wakil Bupati Manggarai Barat Yulianus Weng mengatakan, warga Pulau Rinca yang digigit komodo itu kini sedang dalam perawatan intensif pihak Rumah Sakit Siloam Labuan Bajo. Kondisinya dalam keadaan stabil.

"Kondisi umum stabil dan masih dirawat dengan baik di RS Siloam. Biayanya menggunakan BPJS," jelasnya.

Sementara itu, pihak RS Siloam Labuan Bajo belum memberikan penjelasan terkait perkembangan kondisi warga yang tengah dirawat di rumah sakit tersebut.

Sebelumnya diberitakan, seorang warga Desa Pasir Panjang, Kecamatan Komodo, Pulau Rinca, Nusa Tenggara Timur (NTT), bernama Ratna (46), digigit komodo pada Senin (2/10/2023).

Sumardi, keluarga korban menuturkan, Ratna digigit komodo saat sedang menjemur ikan di depan rumahnya.

Peristiwa itu bermula saat komodo tersebut mengejar seekor kambing, tetapi kambing itu luput dari kejaran. Namun kemudian justru Ratna yang menjadi korban gigitan.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/04/174425178/biaya-pengobatan-warga-yang-digigit-komodo-ditanggung-asuransi

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke