Salin Artikel

40 Hektar Hutan dan Lahan di Manggarai Timur Terbakar

BORONG, KOMPAS.com – 40 hektar hutan Pocolumu dan lahan milik warga di Kelurahan Watunggene, Kecamatan Kota Komba, Kabupaten Manggarai Timur, Nusa Tenggara Timur (NTT), terbakar.

Kepala Unit Pelaksana Dinas Kehutanan NTT di Kabupaten Manggarai Timur, Doni Nggaro menjelaskan, kebakaran kawasan hutan dan lahan itu terjadi sejak Minggu (1/10/2023) malam.

"Api sudah merambah ke lahan warga Kelurahan Watunggene. Kami memadamkan api secara manual. Saat ini pegawai Dinas Kehutanan sedang berada di lokasi kejadian. Kami kewalahan memadamkan api di lahan warga masyarakat," kata Doni saat dihubungi Kompas.com, Senin (2/10/2023).

Camat Kota Komba, Regina Malon menjelaskan, berdasarkan informasi awal yang diterimanya, sebagian besar api yang membakar hutan dan lahan itu sudah padam. Kini, tersisa api yang membakar alang-alang yang kering.

"Saya sudah melaporkan kejadian ini kepada Pemerintah Kabupaten Manggarai Timur dalam rapat penanganan bencana kebakaran hutan, Senin pagi. Saat rapat, Kepala UPTD menginformasikan bahwa api membakar lahan warga masyarakat;" jelasnya.

Malon menjelaskan, saat ini ia bersama pegawai Kecamatan Kota Komba dan tim dari Pemda Manggarai Timur sedang menuju lokasi kebakaran.

https://regional.kompas.com/read/2023/10/02/135808078/40-hektar-hutan-dan-lahan-di-manggarai-timur-terbakar

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke