Salin Artikel

Hutan Bukit Soeharto di Kaltim Terbakar, Arus Kendaraan Terganggu

KUKAR, KOMPAS.com – Hutan Bukit Soeharto di Kabupaten Kutai Kartanegara, Kalimantan Timur (Kaltim), terbakar pada Kamis (28/9/2023). Kebakaran hutan ini pun menggangu para pengendara yang melintas di Jalan Poros Balikpapan-Samarinda.

Lokasi hutan yang terbakar berada di Jalan Poros Balikpapan-Samarinda, tepatnya di sekitar Km 74. Terlihat api membakar semak belukar dan terus merembet ke area yang luas. Asap pun mengepul dan mengganggu pandangan para pengendara yang melintas.

“Iya, barusan kami lewat situ, di sebelah kiri yang terbakar. Asapnya itu nah yang kami takutkan karena jalanan tidak terlihat pas terbawa angin,” kata Doni, warga Balikpapan yang melintas di lokasi kejadian.

Kepala Dinas Damkar dan Penyelamatan (Disdamkar Matan) Kutai Kartanegara, Fida Hurasani mengatakan, hutan Bukit Soeharto mulai terbakar sekira pukul 15.00 Wita.

Api terus melebar bahkan hingga ke seberang jalan. Petugas terdekat pun dikerahkan untuk melakukan pemadaman.

“Benar, dari jam tiga siang anggota saya Pos Damkar Kecamatan Samboja masih di lokasi sampai sekarang (pukul 22.00 wita),” ujarnya saat dikonfirmasi Kompas.com.

Sementara itu, Sahar, petugas Damkar Samboja mengatakan, pihaknya masih melakukan pendinginan di lokasi kebakaran hingga pukul 22.30 Wita. Petugas menerjunkan tiga armada untuk memadamkan api. Namun api sempat membesar dan merembet ke seberang jalan, sehingga petugas pun sempat kewalahan.

“Ini saya masih di TKP, tinggal pendinginan saja. Belum bisa dihitung luasannya, soalnya di seberangnya juga ikut terbakar. Yang pasti ini tepatnya di lokasi Km 74,” ungkapnya.

https://regional.kompas.com/read/2023/09/28/215835778/hutan-bukit-soeharto-di-kaltim-terbakar-arus-kendaraan-terganggu

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke