Salin Artikel

7 Calon Pekerja Migran Ilegal Diselamatkan Saat Hendak Diberangkatkan ke Malaysia via Batam

Komandan Posal Sagulung Lantamal IV Batam, Peltu SAA Jonter Lubis mengungkapkan, mulanya petugas Babinpotmar Posal Sagulung curiga melihat tiga orang tak dikenal duduk di dekat pos dengan membawa koper.

“Karena petugas merasa ada kejanggalan terhadap tiga orang tersebut, selanjutnya ketiga orang tersebut dibawa ke pos TNI AL untuk dimintai keterangan,” kata dia melalui pesan WhatsApp, Minggu (24/9/2023).

Menurut pengakuan, mereka akan diberangkatkan ke Malaysia.

Jonter mengatakan, selang beberapa jam kemudian sekitar pukul 00.10 WIB, ada empat orang tidak dikenal duduk di pangkalan ojek Pelabuhan Sagulung.

Lagi-lagi, empat orang tersebut mengaku sedang menunggu jemputan untuk menyeberang ke Malaysia.

“Keempatnya langsung dibawa ke pos TNI AL untuk dimintai keterangan, sehingga total seluruhnya berjumlah tujuh orang,” jelas Jonter.

Ketujuh orang tersebut, yakni berinisial W (39) asal Sumenep, U (30) asal Sumenep, A (53) asal Sumenep, NY (26) asal Sumenep, H (22) asal Sagra, H (53) asal Sumenep, dan I (23) asal Sagra.

Menurut keterangan para calon TKI Ilegal tersebut, mereka diarahkan untuk menunggu di sekitar Pelabuhan Rakyat Sagulung.

Pihak penyedia jasa menjanjikan akan menjemput, namun tak ada kejelasan.

“Mereka mengaku juga tidak tahu pasti akan diberangkatkan melalui jalur mana menuju ke Malaysia nya, sebab pihak dari Malaysia yang berkoordinasi dengan yang mengurus keberangkatan mereka,” jelas Jonter.

Lantamal IV Batam melalui Babinpotmar Posal Sagulung selanjutnya menyerahkan tujuh orang calon TKI Ilegal tersebut ke BP2MI Batam untuk dikembalikan ke daerah masing-masing.

“Siapa koordinatornya masih kami dikembangkan, karena kejadian ini merupakan kejadian pertama terjadi di pelabuhan rakyat Sagulung,” pungkas Jonter.

https://regional.kompas.com/read/2023/09/24/170923378/7-calon-pekerja-migran-ilegal-diselamatkan-saat-hendak-diberangkatkan-ke

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke