Salin Artikel

Simpatisan Egianus Kogoya Terima Rp 100 Juta untuk Suplai Bahan Makanan, Ditangkap di Asmat

Kepala Operasi Damai Cartenz 2023 Kombes Faizal Ramadhani mengungkapkan, YT ditangkap di Distrik Agats, Kabupaten Asmat, Papua Selatan, pada 7 September 2023. 

Dari hasil penyelidikan, YT diduga menjadi penyuplai bahan makanan bagi KKB yang berada di Kabupaten Nduga, Papua Pegunungan.

"Ya benar, kami telah menangkap satu orang laki-laki dengan inisial YT yang merupakan simpatisan KKB yang memiliki peran untuk menyuplai bahan makanan kepada kelompok Egianus Kogoya. Pelaku memiliki pekerjaan sehari-hari sebagai motoris speed di Asmat," ujar Faizal, saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (22/9/2023).

YT diketahui kerap menerima kiriman uang melalui bank, kemudian membelanjakan bahan makan.

Bahkan saat ditangkap, YT baru menerima kiriman uang Rp 100 juta dan telah digunakan berbelanja bahan makanan yang akan ia kirim ke Nduga.

"Sudah beberapa kali YT ditransfer lalu mengirim bahan makanan lewat sungai ke Nduga, kami yakin itu dari kelompoknya Egianus," kata Faizal.

Sebelumnya Satgas Damai Cartenz juga telah menangkap seorang anak buah Egianus Kogoya berinisial ET di Nabire, Papua Tengah, pada Selasa (19/9/2023).

ET yang saat ini masih ditahan diperiksa di Polres Asmat sudah mengakui terlibat pada enam aksi kriminal di Kabupaten Nduga.

Salah satunya, aksi bersama Egianus Kogoya membunuh 11 warga sipil di Kampung Nogoloit, Distrik Kenyam, Kabupaten Nduga, Papuaa Pegunungan pada 16 Juli 2022.

https://regional.kompas.com/read/2023/09/22/095436778/simpatisan-egianus-kogoya-terima-rp-100-juta-untuk-suplai-bahan-makanan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke