Salin Artikel

9 Warga Dievakuasi Usai KKB Lakukan Penembakan dan Pembakaran di Pegunungan Bintang

Hal itu dilakukan setelah sebelumnya Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) melakukan sejumlah aksi penembakan, pembakaran, dan penutupan jalan di wilayah tersebut.

"Aparat gabungan TNI-Polri berhasil mengevakuasi 9 warga sipil pasca-kejadian penyerangan yang dilakukan KKB wilayah Pegunungan Bintang," ujar Kepala Bidang Humas Polda Papua Kombes Ignatius Benny Ady Prabowo melalui keterangan tertulis, Jumat (22/9/2023).

Menurutnya tim gabungan TNI Polri berhasil masuk ke Distrik Serambakon, Kabupaten Pegunungan Bintang, Papua Pegunungan.

Selain untuk mengendalikan situasi, kedatangan aparat keamanan ke Serambakon juga guna melakukan olah Tempat Kejadian Perkara (TKP) penembakan dan pembakaran.

Namun saat masuk ke Serambakon, mereka mendapati sembilan warga sipil yang bersembunyi di kediaman masing-masing. Para warga tersebut meminta untuk dievakuasi ke lokasi yang lebih aman.

Adapun sembilan orang yang berhasil dievakuasi adalah OES (14), IHS (24), MB (48), JM (58), SEM (1), RA (18), YA (30), YOA (30), dan FI (44).

Sementara proses olah TKP akhirnya bisa dilakukan dengan lancar tanpa gangguan dari KKB.

“Setelah dilakukan evakuasi, aparat keamanan melakukan Olah TKP di sekitar lokasi kejadian. Untuk barang bukti yang ada di TKP telah diamankan di Polres Pegunungan Bintang guna penyelidikan lebih lanjut,” kata Benny.

Sebelumnya diberitakan, satu anggota Brimob Sulawesi Utara bernama Briptu Agung gugur setelah tertembak oleh KKB di Distrik Serambakon saat personel gabungan melakukan patroli di wilayah tersebut, Senin (18/9/2023).

KKB kembali melakukan penembakan terhadap dua orang warga sipil yang sedang berada di dalam rumah, di Distrik Oksibil, Senin malam. Akibatnya, dua oraang mengalami luka tembak dan dirawat di RSUD Oksibil.

Selasa (19/9/2023) pagi, KKB kembali berulah dengan melakukan aksi penembakan terhadap seorang anggota Satpol PP yang hendak berangkat ke kantor di Distrik Oksibil. Korban mengalami luka tembak.

https://regional.kompas.com/read/2023/09/22/092414078/9-warga-dievakuasi-usai-kkb-lakukan-penembakan-dan-pembakaran-di-pegunungan

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke