Salin Artikel

Lantik 7 Pj Bupati dan Wali Kota, Gubernur Sumsel Minta Pembangunan Tetap Jalan

PALEMBANG, KOMPAS.com - Tujuh Penjabat (Pj) Bupati dan Wali Kota resmi dilantik Gubernur Sumatera Selatan Herman Deru di Griya Agung Palembang, Senin (18/9/2023).

Ketujuh Pj yang dilantik tersebut adalah Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa, Pj Wali Kota Lubuklinggau Trisko Defriansyah, Pj Wali Kota Pagar Alam Lusapta Yudha, dan Pj Wali Kota Prabumulih Elman.

Lalu, Pj Bupati Muara Enim Ahmad Rizali, Pj Bupati Banyuasin Hani Syopiar Rustam, dan Pj Bupati Empat Lawang Pauzan Khoiri.

Ketujuh Pj itu diminta Herman Deru untuk terus menjalankan roda pemerintahan satu tahun ke depan hingga Pilkada usai.

“Pembangunan harus terus jalan. Setiap Pj dilantik akan menjabat dan menjadi tiga unsur pemimpin yaitu pemimpin pemerintahan, pemimpinan pembangunan, dan pemimpinan masyarakat,” kata Herman saat melantik.

Herman pun meminta kepada para Pj harus menciptakan lingkungan kondusif di pemerintahan. Selain itu pelayanan masyarakat harus ditingkatkan tanpa ada pembeda.

“Setiap pembangunan tetap harus berjalan sesuai dengan keuangan masing-masing daerah, visi misi, dan RPJMD yang ada. Ingat, setelah ini saudara akan kembali menjadi ASN, maka harus meninggalkan kebaikan di masyarakat,” ungkapnya. 

Selain melantik tujuh Pj Walikota dan Bupati, Gubernur Sumsel juga melantik lima orang Pj Sekretaris Daerah (Sekda). Mereka adalah Pj Sekda Kabupaten Empat Lawang Hepy Safriani sebagai, Pj Sekda Kota Pagaralam Rano Fahlesi.

Lalu, Pj Sekda Kota Palembang Gunawan, Pj Sekda Kota Lubuklinggau Tamri, dan Pj Sekda Kota Prabumulih Aris Priadi.

Kabut Asap

Pj Wali Kota Palembang Ratu Dewa usai dilantik mengaku telah berkoordinasi dengan seluruh stakeholder terutama mengatasi kabut asap yang kini masih berlangsung.

Dalam waktu dekat, ia membentuk tim hingga tingkat kecamatan untuk melihat kondisi wilayah yang terdampak.

“Kami juga melibatkan Danrem memetakan wilayah mana saja yang terdampak kabut asap untuk segera diatasi,” pungkas Dewa.

https://regional.kompas.com/read/2023/09/18/194820778/lantik-7-pj-bupati-dan-wali-kota-gubernur-sumsel-minta-pembangunan-tetap

Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Baca berita tanpa iklan. Gabung Kompas.com+
Close Ads
Bagikan artikel ini melalui
Oke